More

    Universitas Queensland Ciptakan Ginjal Mini Dengan Cetakan 3D

    Ginjal mini tiruan yang siap dicetak dengan mesin printer 3D (Credit: ABC).
    Ginjal mini tiruan yang siap dicetak dengan mesin printer 3D (Credit: ABC).

    Ilmuwan dari Universitas Queensland menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat (AS) untuk menciptakan ginjal tiruan mini yang dengan menggunakan teknologi mesin cetak 3 dimensi (3D).

    Peneliti Sel Induk di Universitas Queensland telah berhasil menciptakan organ tubuh kecil di atas cawan petri yang nantinya akan dibuatkan replikanya oleh perusahaan pencetak organ tubuh Organovo.

    - Advertisement -

    Professor Melissa Little dari Institut Biosains Molekular, Universitas Queensland mengatakan dia sangat bersemangat untuk melanjutkan risetnya lebih jauh dengan adanya kerjasama  ini.

    “Pengembangan teknologi rekayasa ini akan mengubah sesuatu yang funky dan menarik di cawan patri menjadi sesuatu yang benar-benar praktis dan bisa diwujudkan,” kata Profesor Little.

    “[Organovo] pembuat tinta biologis, berbahan dasar polimer, yang memiliki campuran sel-sel di dalamnya dan mereka pada dasarnya dapat melakukan penyaringan dengan printer 3D tersebut,” katanya.

    “Mereka bisa membangun bentuk tiga dimensi seperti itu.”

    Saat ini 1dari 3 warga Australia beresiko menderita penyakit ginjal kronis namun Professor Justin Cooper-White, dari Institut Bio sains Molekular Universitas Queensland mengatakan mesin cetak 3D dapat membantu menolong lebih banyak penderita ginjal.

    “Platforms seperti ini bisa digunakan untuk menyaring keracunan obat, sehingga ini menjadikan masa depan pekerjaan seperti yang kami lakukan saat ini semakin menarik dan menantang,”  kata Professor Cooper-White.

    Tim peneliti Universitas Queensland mengatakan dengan menggunakan ginjal mini untuk mencoba tingkat keamanan obat yang baru dan dapat menghemat uang dan uang.

    Organ tubuh kecil bagian dari rencana besar

    “Kerusakan pada ginjal akibat  obat-obatan merupakan masalah terbesar kedua yang dihadapi kebanyakan perusahaan obat,” papar Professor Little.

    “Hampir semua obat gagal karena semua  jenis obat-obatan mempengaruhi fungsi ginjal, sehingga penyaringan semacam ini akan mengidentifikasi beberapa dari obat tersebut,” katanya.

    Professor Little mengatakan organ tubuh kecil merupakan bagian dari rencana yang lebih besar yang tujuan akhirnya adalah memproduksi ginjal tiruan untuk manusia.

    “Masih butuh waktu yang panjang untuk mewujudkan target itu, tapi  kami membuka semua peluang,” katanya.

    “Dengan  teknologi  yang sama kami mendapati kalau lebih baik membuat jenis sel ginjal tertentu dalam jumlah yang banyak dan kemudian menempatkannya kembali ke ginjal yang masih terdapat dalam tubuh pasien,”

    “Namun kami juga tertarik menanyakan berapa banyak teknologi ini dapat ditingkatkan penggunaannya, karena saat ini kami bisa membuat organ tubuh kecil di cawan petri.

    “Seberapa besar organ yang bisa kita ciptkan dan apa yang perlu kami lakukan untuk membantu mereka untuk menciptkan organ tubuh yang sangat kompeks,’

    Menteri Ilmu Pengetahuan Queensland, Ian Walker mengatakan pihaknya juga membuat penelitian serupa di Universitas Teknologi Queensland.

    “Riset yang bertujuan menciptakan perancah untuk jaringan tulang di Universitas Queensland juga terkait dengan penelitian ini dan itu menunjukkan kemampuan yang dapat dilakukan dengan pencetakan 3D, “katanya.

    “Itu artinya para ilmuwan kita sekarang ini telah dapat menciptakan dalam kasus ini, ginjal, dalam kasus lain, jaringan tulang, dengan menggunakan perancah yang bisa diciptakan oleh printer 3D.”

    Walker mengatakan dirinya  berharap inovasi ini akan menuju pada penanganan penyakit ginjal yang lebih baik says it is hoped it will lead to better treatment of kidney disease.

    “Obat-obatan yang biasanya diujicobakan pada manusia dan biasanya memicu kerusakan ginjal bisa digantikan dengan menggunakan ginjal mini di laboratorium,” katanya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here