More

    Mahasiswa Unpad Sosialisasi Pilkada Untuk Penyandang Disabilitas

    Suasana Sosialisasi Pilkada di salah satu rumah warga di Sumedang, Jawa Barat. Foto : Rahma
    Suasana Sosialisasi Pilkada di salah satu rumah warga di Kampung Pamubusan, Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto : Rahma

    SUMEDANG, KabarKampus – Mahasiswa Program Studi Jurnalistik Fikom Universitas Padjajaran (Unpad) melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis, (03/02/2015). Sosialisasi ini khusus ditujukan kepada penyandang disabilitas beserta keluarganya yang tergabung Orang Dewasa dengan Kecacatan dan Ikatan Keluarga Anak dengan Kecacatan (IKAdK).

    Sosialisasi dilakukan di salah satu rumah warga yang terletak di Kampung Pamubusan RT 01/RW 04 Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Lokasi yang tak jauh dari kampus Unpad Jatinangor.

    Dalam sosialisasi ini para mahasiswa yang terdiri dari 10 orang membawa sejumlah alat peraga yang dibutuhkan dalam Pilkada, seperti bilik suara dan topeng foto kandidat. Selain itu para mahasiswa juga membawa video tata cara memilih dalam Pilkada nanti.

    - Advertisement -

    Siti Rahmatullah, mahasiswa Jurnalistik Unpad mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat tidak golput dan tidak memilih calon Kepala Daerah karena ikut-ikutan. Kepada masyarakat mereka menekankan agar memilih kandidat berdasarkan visi misi kandidat.

    (Baca Juga: Power Bank Buatan Mahasiswa Unpad Tak Perlu Kabel)

    “Jadi nantinya masyarakat bisa memilih kandidat sesuai dengan kebutuhan warga,” kata mahasiswi yang akrab disapa Rahma ini kepada KabarKampus.

    Ia menuturkan, mereka sengaja memilih penyandang disabilitas, karena mereka juga memiliki hak suara dalam Pilkada. Selain itu tanggal 3 Desember juga diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional.

    “Di sini sosialisasi tidak hanya kepada penyandang disabilitas, namun juga kepada keluarga mereka. Jadi selain mempraktekkan bagaimana cara memilih kepada penyandang disabilitas, mereka juga mensosiliasikan kepada keluarga mereka,” ungkap Rahma.

    Sosialiasi Pilkada di sekitar kampus Unpad Jatinangor merupakan inisiatif dari mahasiswa Prodi Jurnalistik Unpad angkatan 2014. Para mahasiswa tersebar di beberapa kelompok dan melakukan sosialisasi ke sejumlah kelompok masyarakat mulai dari Lapas, kelompok Ibu-ibu senam dan sebagainya. Sosialiasi dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat menjelang Pilkada secara serentak pada tanggal 09 Desember 2015 mendatang di seluruh Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here