More

    Melihat ‘Baywatch’ di Pantai Bondi Sydney

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Hany Koesumawardani

    Seorang penjaga pantai Bondi sedang bertugas. [FOTO : Hany Koesumawardani]
    Seorang penjaga pantai Bondi sedang bertugas. [FOTO : Hany Koesumawardani]
    Pantai Bondi di Sydney merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi di Australia. Aktivitas ‘baywatch’ di pantai itu justru menjadi salah satu daya tariknya.

    Sejumlah jurnalis Indonesia atas undangan Australia Plus ABC International, berkesempatan mengunjungi partai tersebut pada September 2015, saat Sydney sudah masuk musim semi.

    - Advertisement -

    Hari beranjak siang. Matahari terasa menyengat, panas. Warga mulai berdatangan ke pantai. Mereka terlihat senang, lepas, berlarian, bermain pasir, berenang, beberapa di antaranya membawa papan selancar.

    Di pantai, ada beberapa penanda, seperti bendera berwarna merah-kuning, mengingatkan pada warna bendera semaphore dalam pelajaran Pramuka. Bendera-bendera itu diikat di tiang setinggi 2 meter di beberapa titik.

    Belasan ‘baywatch’ alias penjaga pantai terlihat lalu lalang, mengenakan jersey kuning lengan panjang mencolok, celana pendek merah di atas lutut, plus penutup kepala warna merah-kuning.

    Seperti di film lawas “Baywatch” yang dibintangi David Hasselhoff dan Pamela Anderson, mereka sibuk mempersiapkan perahu karet, mendirikan tenda pemantauan, melakukan briefing hingga pemanasan. Nama resminya bukan ‘baywatch’ melainkan “Surf Life Saving”, sementara yang tertera di belakang kaos mereka “Surf Rescue”.

    “Tanggung jawab kunci kami adalah memastikan pengunjung bisa menikmati pantai dan keindahannya dengan aman bila ingin berenang. Kami memastikan pengunjung berenang di antara 2 bendera, karena itu adalah tempat paling aman. Kami mengawasi orang-orang yang berenang di pantai,” jelas seorang Surf Rescue, Michael Bowman.

    Michael menjelaskan, Surf Life Saving adalah organisasi non profit dan semua anggotanya adalah sukarelawan. Di Bondi Utara sendiri, anggota Surf Life Saving adalah 250 orang dan mereka biasanya bertugas di musim panas, musim di mana warga mendatangi pantai.

    “Di Bondi pengunjungnya bisa mencapai 10 ribu orang,” tuturnya.

    Tiap Sabtu dan Minggu di musim panas September hingga April, ada sekitar 10-15 sukarelawan Surf Life Saving yang berjaga di Pantai Bondi, dengan jam kerja pukul 08.00 hingga 6 jam ke depan.

    Sukarelawan itu, imbuh Michael, biasanya berjaga bergantian, setiap akhir pekan, waktu di mana pengunjung bisa sangat padat. Sedangkan di hari kerja alias weekdays, tugas pemantauan pantai ditangani Life Guard alias penjaga pantai.

    Dengan sekitar 250 sukarelawan yang berjaga tiap Sabtu-Minggu, maka sebulan mereka hanya mendapatkan jatah sekali selama musim panas. Yayasan Surf Life Saving juga sangat cair. Mereka yang bergabung mulai remaja hingga dewasa dengan berbagai latar belakang profesi.

    “Paling muda itu usia 12-13 tahun, biasanya mereka hanya memantau saja. Usia 15-18 biasanya memperhatikan anak-anak. Permanent Residence juga diizinkan untuk menjadi anggota,” ujar pria yang berprofesi sebagai bankir ini.

    Para anggota Surf Life Saving ini dilatih terlebih dahulu sebelum mereka turun ke lapang selama musim panas. Pelatihannya berlangsung selama musim dingin.

    “Pelatihannya berenang, berlari. Kami harus bisa pertolongan pertama dan bagaimana menangani kerumunan yang ramai. Ada tim edukasinya,” imbuh Michael yang sudah bergabung dengan Surf Life Saving ini 4 tahun lalu.

    Mereka mendapatkan sertifikat pelatihan dan harus memperbarui keterampilannya itu tiap tahun.

    “Ada yang golongan Gold Medal, itu bisa lari, berenang dengan papan selancar, berenang ke laut dan kembali lagi dalam 10 menit,” tutur Michael.

    Dia menambahkan, pada musim panas tahun 2014-2015 lalu, ada 78 kejadian orang terbawa arus laut dan hilang di seluruh pantai Australia. 38 Kejadian dari total 78 kejadian itu terjadi di negara bagian New South Wales.

    “Tapi di sini, di Pantai Bondi, sangat sedikit. Kadang-kadang saja. Tahun lalu kami ada 1 kejadian, yang berenang ke tengah laut kemudian hilang. Ya itu memang terjadi, namun cukup aman di sini,” jelas Michael.

    Tips Bila Terseret Ombak Pantai Bondi
    Bila Anda suka berlibur dan berenang di pantai, perhatikan keselamatan Anda. ‘Baywatch’ Pantai Bondi ini memberikan tips bila Anda tiba-tiba terseret ombak.

    “Paling penting kalem dan menikmati pantai, lihat posisi penjaga pantai. Untuk di Bondi, diimbau berenang di antara dua bendera, itu tempat teraman di pantai. Jangan renang sendirian, pastikan ada orang lain yang tahu Anda berenang,” tutur Michael Bowman.

    “Kalau sesuatu terjadi, jangan panik, itu hal pertama dan penting. Tenang, dan angkat tangan Anda sehingga menarik perhatian. Itu hal terbaik yang bisa orang lakukan kalau terjadi sesuatu,” imbuhnya.

    Pasalnya semakin orang itu panik, maka tubuhnya akan semakin tenggelam. Kemudian bila Anda menemukan batu karang di tengah laut, bisa jadi tempat berpegangan.

    “Perhatikan diri anda sendiri, jangan panik. Kalau anda bisa berpegangan pada batu/karang, sempurna. Lambaikan tangan dan teriak sekencang mungkin agar banyak orang mendengar Anda dan kemudian melihat Anda,” jelas dia.

    “Selebihnya, nikmati pantai, jangan lupa tabir surya, minum yang banyak, karena panas,” pesan dia. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here