More

    Massaoke, Karaoke yang Dilakukan Massal Ramaikan Festival Seni Adelaide

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Suasana karaoke massal, sejumlah penonton juga diperbolehkan nyanyi di atas panggung. (Credit: ABC)
    Suasana karaoke massal, sejumlah penonton juga diperbolehkan nyanyi di atas panggung. (Credit: ABC)

    Massaoke adalah singkatan dari mass karaoke, dimana puluhan bahkan ratusan orang menyanyi bersama-sama sambil mengikuti lirik yang ditampilkan di layar. Karaoke massal ini juga diiringi oleh live band.

    Massaoke menjadi salah satu pertunjukkan yang popular di festival ‘Adelaide Fringe’.

    - Advertisement -

    Festival seni ini digelar setiap tahunnya di kota Adelaide, negara bagian Australia Selatan, dengan menampilkan banyak seniman dari berbagai aliran seni, termasuk musik.

    Dalam karaoke massal tersebut, sejumlah lagu hits dibawakan, termasuk single milik kelompok musik Queen, Bohemian Rhapsody.

    “Saya merasakan koneksi yang sangat dekat dengan penonton, intinya kita membawakan lagu bersama,” ujar Mark Nilsson, pemain keyboard dari kelompok band yang mengiringi karaoke massal tersebut.

    Massaoke pertama kali diperkenalkan di negara Inggris, sebelum akhirnya dibawa ke Australia.

    Lirik lagu biasanya ditampilkan melalui layar berukuran besar di panggung, dan penonton tinggal mengikutinya.

    Biasanya membutuhkan waktu agar penonton bisa langsung menyanyi, karenanya kelompok musik yang mengiringi tetap memiliki vokalis untuk memandu dan mengajak penonton menyanyi.

    Tapi menurut Nilsson, para peserta karaoke di festival Adelaide Fringe sangat berbeda, mereka sudah antusias sejak awal penampilan. “Kota Adelaide sepertinya lebih antusias dibandingkan kota London,” ujarnya.

    “Para penonton di Inggris membutuhkan waktu sedikit untuk pemanasan, meski akhirnya mereka hanyut dalam menyanyi bersama,” tambah Nilsson. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here