More

    Dari Venice Binnale Kembali ke Canberra

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Tom Lowrey

    Fiona Hall mengatakan karya seninya dilatarbelakangi oleh kondisi politik global. Foto: Christian Corte, National Gallery of Australia
    Fiona Hall mengatakan karya seninya dilatarbelakangi oleh kondisi politik global. Foto: Christian Corte, National Gallery of Australia

    Pameran seni Australia yang pernah ditampilkan di festival Venice Biennale akan ditampilkan secara penuh untuk pertama kalinya di National Gallery of Australia, di kota Canberra.

    Festival Venice Biennale adalah pameran seni kontemporer yang berlangsung setiap dua tahun di kota Venesia, Italia. Pameran ini telah memiliki reputasi di tingkat dunia. Lebih dari 300.000 pengunjung datang ke festival, dengan puluhan seniman dari seluruh dunia yang mewakili negaranya masing-masing

    - Advertisement -

    Seniman yang mewakili Australia di tahun 2015 lalu adalah Fiona Hall. Ia menampilkan kumpulan koleksi seninya dalam pameran yang diberi nama ‘Wrong Way Time’.

    Semua 800 karya seni ini akan dipamerkan di National Gallery of Australia (NGA), di kota Canberra, Australia. Pameran ini juga akan menjadi yang pertama kalinya bagi galeri tersebut dalam menampilkan koleksi yang pernah ditampilkan secara keseluruhan di Venesia.

    Fiona mengatakan karyanya sangat kompleks dan lebih didorong dengan motivasi politik. “Karya saya gelap. Kegelapan menjadi highlight dalam karya saya,” katanya.

    “Tapi juga, sesuai judulnya, ‘Wrong Way Time’, kita hidup di dunia yang tampaknya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Karya-karya ini merefleksikan kegelapan beberapa isu politik yang kita hadapi secara global saat ini.”

    Fiona mengaku jika dirinya ingin menantang dirinya sendiri dengan bahan-bahan yang digunakan untuk berkarya seperti roti, uang kertas, seragam militer dan kayu.

    Gerard Vaughan, Direktur NGA mengatakan pameran yang menampilkan signifikansi secara budaya ini harus ditampilkan di Australia.

    “Sedikit aneh rasanya jika kita berusaha untuk dapat memproduksi instalasi seni yang luar biasa untuk festival Venice Biennale, tetapi hanya mereka yang ke Venesia yang benar-benar melihatnya,” katanya.

    “Sekarang kita membawanya kembali ke rumah [Australia] dan setiap orang memiliki kesempatan melihatnya di Canberra.”

    Pameran ini akan berlangsung hingga pertengahan Juli di National Gallery of Australia, di kota Canberra. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here