More

    Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia UPI Bandung 2016

    13-10-2016-gbsi-2016-01Memperingati momen bulan Bahasa dan peduli dengan kondisi literasi di Indonesia saat ini, Hima Satrasia FPBS UPI sebagai organisasi intrauniversiter yang berada dalam lingkup bahasa dan sastra mengadakan kegiatan bertajuk Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia (GBSI) 2016.

    GBSI adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Hima Satrasia setiap tahun untuk memperkenalkan, mewadahi dan meningkatkan bahasa dan sastra kepada masyarakat. Tema tahun ini yang diusung adalah “Menolak Baca, Khianati Indonesia”.

    Tema itu usung karena melihat dari beberapa penelitian mengenai literasi di Indonesia, seperti yang dilalukan oleh UNESCO, Badan Statistik, Vivanews dan beberapa peneliti lainnya menunjukan bahwa peringkat literasi di Indonesia berada di bawah negara-negara di dunia. Dari penelitian itu menunjukan betapa lemahnya budaya literasi di Indonesia. Oleh karena itu kami mengusung tema tersebut, karena dengan membaca adalah awal dari kemajuan bangsa. Bangsa yang berhasil adalah bangsa yang berkarya dan berkarya dimulai dari membaca.

    - Advertisement -

    Kegiatan tersebut akan diadakan pada tanggal 21-28 Oktober 2016. Apapun rangkaian kegiatannya adalah:

    Kirab Bulan Bahasa (Parade Budaya)

    Sebagai pembuka dari kegiatan GBSI, Parade Budaya hadir untuk mengangkat kembali kebudayaan Indonesia. Parade ini pun lahir dalam rangka menggalakan budaya literasi.  Dalam parade ini, kami melakukan propaganda penyadaran akan pentingnya berliterasi. Parade Budaya melibatkan seluruh pelajar di Kota Bandung, mahasiswa, dan masyarakat umum. Yang diadakan pada hari, Jum’at, 21  Oktober 2016.

    UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia)

    Masyarakat khususnya pelajar kurang mengetahui keberadaan UKBI. UKBI merupakan sarana untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia. Dengan adanya UKBI ini, diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk lebih mencintai bahasa Indonesia karena bahasa merupakan identitas bangsa. Peserta UKBI dalam kegiatan GBSI 2016 adalah pelajar SMA, mahasiswa, dan umum. Kegiatan ini pun membantu dan mewadahi masyarakat yang membutuhkan UKBI. Diadakan pada hari, Sabtu, 22  Oktober 2016

    Seminar Pendidikan Literasi

    Buruknya budaya literasi di Indonesia saat ini sedang menjadi sorotan. Literasi memiliki peran penting dalam pecerdasan bangsa. Literasi berperan dalam perkembangan bahasa Indonesia. Seminar ini menjadi media alternatif untuk penyadaran masyarakat akan pentingnya budaya di era globalisasi ini. Selain itu, kegiatan ini membahas kondisi literasi saat ini di Indonesia. Dan bagaimana menghadirkan solusi dari literasi itu sendiri. Diadakan pada hari, Senin, 24  Oktober 2016.

     Lomba Baca Puisi Piala Rendra (LBPPR)

    Lomba Baca Puisi Piala Rendra merupakan bentuk kegiatan yang dapat menunjang pendidikan sastra di sekolah dan literasi di Indonesia. Puisi sebagai karya sastra memiliki nilai-nilai religius, edukatif, moralitas, dan rekreatif. Selain merupakan kegiatan penunjang akademik, kegiatan ini pun memberikan ruang berapresiasi bagi masyarakat umum. Ada dua kategori dalam lomba LBPPR ini yaitu kategori UMUM dan PELAJAR. Diadakan pada tanggal 25 s.d 27  Oktober 2016.

    Lomba Tulis Puisi Piala Rektor (LTPPR)

    Puisi adalah salah satu karya sastra yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi peluang untuk menggali khazanah kebudayaan Indonesia melalui dunia literasi. Lomba tulis puisi dibuka tanggal 1 September dan ditutup tanggal 16 Oktober 2016.

    Bazar

    Untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, bazar yang dilaksanakan dalam GBSI 2016 bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia melalui produk. Diakan pada tangal 24 s.d 28 Oktober 2016.

    Senja Anugerah

    Senja Anugerah merupakan ruang apresiasi bagi seluruh kalangan masyarakat. Senja Anugerah melibatkan seluruh mahasiswa UPI, seluruh peserta GBSI 2016, seniman, dan sastrawan. Senja Anugerah merupakan kegiatan untuk memberikan penganugerahan pada pemenang sebagai bentuk apresiasi. Yang akan dihari penutupan GBSI 2016 pada tanggal 28 Oktober 2016.

    Itulah rangkaian kegiatan dari Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 2016. Ayo segera daftakan dirimu, sebagai bukti bahwa kalian tidak menghianati Indonesia.

    Untuk infomasi lebih lanjut bisa akses di www.gbsi.himasatrasia-UPI.or.id

     

     

     

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here