More

    Pusat Seni Budaya Australia Sarankan Jabar Perbanyak Festival Budaya

    IMAN HERDIANA

    Jawa Barat (Jabar) disarankan memperbanyak festival budaya. Dengan begitu, Jabar sebagai pusat seni dan budaya nasional bukan sekedar angan belaka.

    “Kalau Jawa Barat ingin jadi ibu kota seni budaya di Indonesia maka harus perbanyak event,” kata Michael Abbott, Chairman Adelaide Festival Center, melalui siaran pers yang diterima KabarKampus, Rabu (14/12/2016).

    - Advertisement -

    Saran tersebut disampaikan Michael Abbott saat bertemu Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Gedung Sate, Bandung, Selasa (13/12/2016) lalu. Kunjungan Michael Abbott untuk menawarkan beberapa kerjasama di bidang seni dan budaya.

    Menurutnya, event seni dan budaya di Jabar minimal digelar seminggu sekali di gedung-gedung pertunjukan yang representatif.

    Ia sendiri siap membantu Pemprov Jabar untuk membangun gedung kesenian. Untuk diketahui, Adelaide Festival Center merupakan pusat pertunjukan seni dan budaya ternama di Kota Adelaide Australia Selatan.

    Geliat budaya Adelaide Festival Center sudah berlangsung sejak 40 tahun lalu. Tidak jarang event mereka menampilkan artis atau seniman dari berbagai penjuru dunia, termasuk dari Opera House, Sydney.

    “Kami ingin informasi tentang pembangunan gedung kesenian itu, kami akan senang hati membantu dalam bentuk apa pun karena kami sudah berpengalaman,” ungkap Abbott.

    Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat, menyambut baik tawaran bantuan dari Michael Abbott. Ia menuturkan, Pemprov Jabar memang berencana membangun Gedung Kesenian Jawa Barat (Art Center Jabar) bertaraf internasional berlokasi di Cikutra, Kota Bandung, yang saat ini baru tahap Detail Engineering Design (DED).

    “Art Center Jabar sedang dalam proses perancangan oleh arsitek ITB, kalau DED-nya sudah jadi nanti tim ahli dari Australia bisa datang lihat langsung lokasi,” kata Wagub.

    Selain itu, kata dia, Adelaide Festival Center juga tertarik mengisi event rutin Jabar seperti Gotrasawala, Bidaf maupun Eco Music Camp. Dengan demikian, seniman Australia diharapkan meramaikan event budaya Jabar. Hal ini menjadi kesempatan promosi budaya Jabar ke level internasional.

    Selain mengungkapkan rencana pembangunan Art Center Jabar, Deddy Mizwar juga menyampaikan rencana membangun Geo Theater di bentangan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat. Sehingga kerja sama pun bisa berkembang ke sector pariwisata.

    “Saya kira kita bisa lebih meningkatkan kerja sama selain seni dan budaya, pengamatan kami di Bali banyak sekali turis Australia kenapa tidak datang ke Jabar juga, di sini banyak sekali potensi wisata yang menarik,” ujarnya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here