More
    Home RAGAM WIRAUSAHA Bale Motekar, Pusat Kreativitas dan Inkubasi Bisnis

    Bale Motekar, Pusat Kreativitas dan Inkubasi Bisnis

    Akhir-akhir ini keberadaan co-working space mulai menjamur di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Bandung sebagai kota yang mendaulat diri sebagai kota kreatif tentu tak lepas dari perkembangan ini.

    Bale Motekar. FOTO : NATALIA OETAMA

    Beberapa co-working space mulai marak bermunculan di hampir seluruh wilayah Bandung dengan harga yang bervariasi. Sebagai perbandingan, salah satu Co-Working space yang berada di jalan Ir.H Juanda membandrol harga 60.000 untuk setiap penggunaan 3 jam dan paket 1.200.000 per bulan.

    - Advertisement -

    Sebenarnya apa ada co-working space yang gratis di Bandung?

    Berangkat dari pertanyaan ini saya menemukan Bale Motekar. Gedung yang merupakan milik dari Universtas Padjajaran ini terletak di jalan Banda No.40. Hanya beberapa langkah saja dari Jonas Photo. Pada akhir September 2014 silam bale Motekar diresmikan sebagai pusat inkubasi segala jenis kreativitas yang terbuka bukan hanya untuk civitas UNPAD tapi bagi masyarakat Bandung.

    CMYK, yang merupakan kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black adalah salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan UNPAD sejak tahun lalu di Bale Motekar. CMYK yang adalah perusahaan percetakan membuat kantor bergaya hybrid yang bisa digunakan oleh siapa saja sebagai coworking space dengan cuma-cuma.

    Memasuki lantai 1 dari Bale Motekar yang memiliki 3 lantai, kita akan disambut dengan warna-warni CMYK yang ceria dengan dekorasi simple dan dominasi warna abu-abu. Co-working space gratis ini menyediakan meja-meja dan kursi nyaman yang masing-masing memiliki colokan.

    Lantai kedua dan ketiga adalah tempat untuk DILo yang merupakan singkatan dari Digital Inonvation Lounge merupakan perusahaan kreatif yang bekerja sama dengan TELKOM dalam upaya mempertemukan peminat dan pelaku industri kreatif. DILo juga bisa digunakan sebagai co-working space dengan syarat mendaftarkan diri sebagai member.

    Selain co-working space, ada juga penyewaan ruang-ruang kreatif yang bisa digunakan untuk seminar, pelatihan ataupun rapat. Pada lantai tiga Bale Motekar juga terdapat teater kecil yang bernama IndiCinema yang dikelolah oleh Film Festival Bandung. Bioskop alternatif ini melakukan pemutaran film-film Indonesia dari hari Rabu hingga Jumat dengan harga yang sangat ekonomis. 10.000/orang dengan hadiah popcorn gratis. Untuk weekend (Sabtu-Minggu) tiket seharga 15.000.

    Butuh tempat nyaman dan gratis menyalurkan ide-ide kreatif? Bisa coba mengunjungi tempat ini. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here