More

    SAKA UGM Harumkan Nama Indonesia di Italia

    Tim SAKA UGM. Dok. UGM

    Sanggar Kesenian Aceh Universitas Gadjah Mada (SAKA UGM) berhasil meraih Absolute Winner  atau Juara Umum di ajang World Cup of Folklore, Jesolo, Italia pada 18-22 Mei 2017. Grup kesenian di UGM ini berhasil mengungguli 300 peserta lainnya dari berbagai negara. Beberapa diantaranya seperti India, Kyrgyztan, Malaysia, Georgia, Israel, Lithuania, Italia, dan Slovenia.

    Zidny Ilman Nafia, salah satu anggota SAKA UGM menyebutkan, di ajang World Cup of Folklore, SAKA UGM menampilkan dua tarian Aceh. Dua tarian tersebut yaitu tari Ratoeh Jaroe dan tari Ratoeh Pukat yang ditampilkan dalam dua kesempatan berbeda.

    “Di kompetisi kemarin SAKA UGM mengirimkan 15 penari dan 2 pemusik,” jelasnya.

    - Advertisement -

    Zidny mewakili tim SAKA UGM mengaku bangga dapat kembali menyumbangkan prestasi dari tingkat internasional. Sebelumnya, pada tahun 2016 SAKA UGM berhasil meraih penghargaan The Pride of Asia dan The Liveliest Performance di 11th Surin International Folklore Festival and Symposium, Thailand.

    Kemudian pada 2015 menyabet penghargaan 1st Place Grand Prix Winner, Highest Valuable Prize for Folklore Category” dan “Best Art Director di kompetisi XXII International Art Festival Prague Stars di Praha.

    Ia berharap prestasi yang berhasil diraih dapat memotivasi generasi muda Indonesia untuk turut dalam melestarikan budaya Indonesia di mata dunia. “Semoga bisa menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya Indonesia dan mempromosikan pada dunia,” tutup Zidny.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here