More

    Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa

    Tanpa terasa, sudah hampir seminggu bulan Ramadhan ini berlangsung. Menjalankan ibadah puasa yang berarti menahan godaan hawa nafsu termasuk godaan untuk makan dan minum tentu tak jarang membuat kita menjadi lebih cepat lemas. Wajar saja, menahan lapar dan haus sekitar lebih dari 12 jam tentu membuat tubuh menjadi lebih mudah lunglai.

    Tapi bukan tak mungkin bisa tetap bugar dan fit selama puasa. Ini beberapa tips yang diharapkan bisa membantu melancarkan puasa dan membuat kita jadi tetap semangat dan penuh energi :

    1. Konsumsi Air Putih dan Buah yang cukup
    Hal terpenting ketika berbuka puasa adalah air putih yang cukup. Memastikan tubuh kembali terhidrasi. Pastikan untuk tetap dapat meminum minimal 8 gelas air putih sehari yang dapat didistribusikan selama waktu berbuka dan sahur. Air putih berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun-racun.

    - Advertisement -

    Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti, semangka, jeruk, tomat dan melon juga dapat menjadi pilihan yang bijak ketika berbuka dan sahur. Satu lagi, jangan makan terlalu terburu-buru ketika sahur.

    2. Memilih Karbohidrat Kompleks & Protein
    Untuk memastikan energi ketika berpuasa terpenuhi, kualitas dari makanan yang kita suplai memegang peranan penting. Gorengan memang sangat menggoda dan mudah untuk didapat, namun tubuh lebih membutuhkan karbohidrat kompleks dan protein seperti yang terdapat pada beras merah, gandum, ubi, brokoli, oat, pisang dan produk olahan susu.

    Mengkombinasikan makanan yang berkarbohidrat kompleks dan protein akan memberikan anda rasa kenyang yang bertahan lebih lama. Asupan energi juga lebih terjaga sehingga tetap bugar sepanjang hari.

    3. Hindari minum minuman berkafein dan bersoda saat sahur
    Minuman berkafein seperti kopi ataupun minuman bersoda memiliki sifat diuretik yang dapat memicu kita lebih cepat buang air kecil sehingga menjadi lebih cepat haus. Ganti kopi dan teh dengan jus buah atau cukup dengan air putih.

    Selain mengandung kafein, minuman bersoda juga memiliki kadar gula yang tinggi dan memicu produksi gas lambung yang berlebihan. Sehingga tak jarang dapat menyebabkan gangguan lambung seperti kembung dan membuat puasa menjadi tidak nyaman.

    4. Jangan makan, makanan yang terlalu manis
    Tajil, cendol dan segala jenis kudapan manis telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa. Sedikit yang tau, gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa secara signifikan sehingga membuat kita kesulitan untuk mengontrol nafsu makan.
    Makanan manis seperti biskuit, permen, coklat dan kue yang mengandung gula rafinasi dan karbohidrat sederhana juga dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa pada darah yang akan diikuti dengan penurunan secara cepat. Hal ini akan berimbas pada cadangan energi yang langsung drop ketitik terendah.

    5. Sahur itu penting
    Energi sepanjang hari akan didapatkan dari makanan yang asup ketika sahur. Maka sahur penting untuk memastikan puasa anda berjalan dengan lebih baik. Konsumsi makanan yang ringan tapi tetap bergizi seperti roti, kentang, nasi, telur rebus atau bisa juga mengkonsumsi 3 buah kurma dn kacang-kacang-kacangan.
    Jangan terburu-buru ketika makan sahur, hal ini dapat menganggu pencernaan dan membuat kita merasa begah dan tidak nyaman untuk memulai hari. Hindari juga makan makanan yang terlalu pedas, asin dan asam karena dapat mengurangi kadar air di dalam tubuh.

    Semoga tips-tips di atas dapat berguna dan selamat menjalankan ibadah puasa. Di cuaca yang sedang tak menentu ada baiknya untuk tetap mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Semoga ibadah puasa tahun ini lancar. Marhaban ya Ramadhan. []

    SUMBER : webkesehatan dan kumparan

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here