More

    Kain Tenun Troso Pecahkan Rekor MURI

    Proses pengukuran tenun ikat Troso untuk pemecahan Rekor MURI. Dok. UMK

    Tenun Troso, kain tenun khas Kabupaten Jepara secara resmi tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai Kain Tenun Ikat Motif Nusantara Terpanjang di Indonesia. Pajang ukuran kain tenun ini mencapai 217,4 meter.

    Rekor ini ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Sri Widayati, Eksekutif Manajer MURI, Sri Widayati, kepada Dr. Suparnyo SH. MS., Rektor Muria Kudus, mewakili Bupati Kabupaten Jepara dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Troso dan Universitas Muria Kudus (UMK).

    ”Rekor ini menumbangkan rekor sebelumnya, yakni kain tenun songket terpanjang yang ditorehkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak pada 28 Oktober 2014. Rekor kain tenun songket Pemkot Pontianak waktu itu, dengan panjang 161 meter,” kata Sri Widayati dalam penganugerahan MURI yang dirangkai dalam ”Troso Festival 2017”.

    - Advertisement -

    Sri Widayati menjelaskan, Kain Tenun Ikat Motif Nusantara Terpanjang tanpa putus ini terdiri atas 20 motif Nusantara. Selain itu rekor ini juga tercatat sebagai rekor ke-7.994 rekor dunia. Namun ini bukan rekor MURI pertama yang ditorehkan Kabupaten Jepara.

    ‘’Rekor sebelumnya, di antaranya pawai membawa lampion dengan peserta terbanyak, konvoi becak dengan 1.110 peserta, minum dawet Mantingan dengan peserta terbanyak, dan mengukir dengan peserta terbanyak,’’ katanya.

    Sementara itu, Suparnyo, Rektor UGM mengemukakan, UMK melalui pusat studi UMKM yang dimiliki, telah mengambil sumbangsih dalam rangka ikut mendorong tumbuh dan berkembangnya Tenun Troso dan perluasan pasarnya.

    ”UMK bersama perajin Troso mendorong perluasan paras Tenun Troso hingga Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam. Selanjutnya, UMK akan mengajak pelaku usaha ke India, untuk mencari solusi terkait perbenangan. Benang merupakan bahan baku penting pembuatan tenun ikat Troso,” tuturnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here