More

    Standar Ganda Komisi Status Perempuan PBB terhadap Iran

    Pertanyaanya adalah, standar nilai apa yang digunakan ECOSOC PBB dalam menilai kasus perempuan di Iran? Selama 40 tahun setelah pendirian Republik Islam Iran, pemerintah Iran telah membuat prestasi besar di bidang kemajuan perempuan. Menurut laporan tentang kesenjangan gender terkait tahun 2022, di antara 146 negara yang mengirimkan laporan tersebut, Republik Islam Iran memiliki kinerja yang lebih baik di sektor Pendidikan dan Kesehatan dari pada negara seperti Cina, Uni Emirat Arab dan Yordania. Dan itu juga masih banyak negara yang memiliki batas paling jauh dengan derajat kesetaraan yang diinginkan di wilayah tersebut.

    Bertahun-tahun meski status pelaporan ini bersifat opsional, Iran mengirimkan laporan terkait empat bidang yang ada di organisasi ini. Namun, PBB tetap mengutuk Iran karena menganggap melanggar hak-hak anak dan perempuan. Sementara beberapa negara seperti Kroasia, Venezuela, Rusia, Irak, Suriah, Yaman dan negara lainnya tidak melaporkan statistik yang diinginkan ke organisasi ini.

    Indikator penilaian yang digunakan oleh PBB seperti apa? Karena pada saat yang sama, kantor berita Guardian dan sejenisnya, melaporkan peningkatan kekerasan seksual yang semakin meningkat di Swedia, Perancis, Denmark, Inggris dan negara Barat lainnya. Negara-negara ini adalah negara yang menyetujui Iran dikeluarkan dari keanggotaan. Sedangkan negara mereka sendiri, semakin menjadi tidak aman bagi kaum perempuan dan anak-anak. 

    - Advertisement -

    Masih ingat juga dengan peristiwa Black Lives Matter di Amerika? Pernahkah AS diskors dari Komisi PBB tentang status perempuan di negaranya? Israel lebih dari 70 tahun menjajah Palestina. Akankah rezim penjajah Al Quds dikeluarkan dari Komisi Status Perempuan karena menyerang, melukai, memenjarakan dan bahkan membunuh anak dan perempuan Palestina?  

    The English Independent melaporkan lebih dari 60 persen perempuan di sejumlah negara Barat pernah mengalami pelecehan seksual. Apakah mereka juga pernah mencabut hak pilih negara Perancis, Denmark dan negara lainnya di mana selain pelecehan dan kekerasan meningkat, pembunuhan terhadap perempuan di negara ini juga meningkat?  Hak perempuan mana sebenarnya yang dibicarakan oleh Barat di Komisi Status Perempuan? Berdasarkan data kuantitatif yang dikeluarkan oleh World Bank menunjukkan bahwa perempuan Iran sejak revolusi Islam Iran berdiri, mengalami kemajuan tinggi.

    Menurut data statistic UNISCO World Bank, dunia pendidikan perempuan Iran meningkat tajam dari 3% hingga 67%. Statistik dosen perempuan di Iran hingga tahun 2020 sebesar 34%, Statistik S2 3,9%  dan Doktroal perempuan Iran 0,3 %. Dokter spesialis perempuan Iran sebesar 30.000 orang. Peran perempuan Iran di bidang olah raga di 37 bidang dengan deretan prestasi internasional yang memukau dengan perolehan lebih dari 200 medali. LSM atau organisasi-organisasi perempuan non-pemerintah berjumlah 2700 di berbagai provinsi, jumlah penulis perempuan mencapai lebih 4000 penulis perempuan dan 800 penerbit perempuan. Posisi direktur dan manager perempuan Iran mencapai 40%.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here