More

    Mendirikan Koperasi

    Lalu yang membuat hebat itu apa? Justru ide dasarnya, di mana buruh buruh itu bersama sama mendeklarasikan apa yang disebut koperasi itu sebagai sebuah ide peradaban yang hebat. Sebab mereka itu sesungguhnya ketika sedang deklarasikan koperasi diberi nama : The Equitable Society of Pionners of Rochdale, yaitu Pioner Masyarakat Setara dari Rochdale.

    Kenapa mereka mendeklarasikan nama Pioner Rochdale itu sebagai pioner masyarakat setara?. Sebab inti dari ide koperasi itu memang untuk menjalankan hal tersebut. Untuk mempraktekkan kesetaraan dan terutama dalam hal mengambil keputusan mengenai hidup mereka sehari hari, di tempat kerja, tempat tempat mencari mata pencaharian.

    Kenapa mereka sampai pada ide tersebut? Sebab mereka itu, para buruh itu menganggap bahwa di pabrik tempat mereka bekerja itu tidak mereka temukan adanya pengakuan kesetaraan manusia itu di tempat kerja mereka.

    - Advertisement -

    Di pabrik tempat mereka bekerja itu mereka harus mengikuti apa yang dimaui oleh pemilik pabrik. Mereka yang hanya menaruh modal finansial untuk membangun pabrik tersebut dan diteruskan turun temurun kenanak cucunya.

    Mereka para buruh itu tidak diberikan hak untuk memutuskan hal hal terkait perusahaan. Mereka hanya direkrut, disuruh bekerja dan kemudian mereka diberikan upah yang semuanya itu diputuskan secara mutlak oleh pemilik, pemodal pabrik.

    Para buruh itu berulang kali memprotes, mogok, berdemonstrasi. Tapi ujung ujungnya bagi yang tidak mau kerja dan ikuti maunya investor pabrik ya keluar dari pabrik. Padahal saat itu, saat terjadinya revolusi industri besar besaran, dimana tenaga manusia itu digantikan dengan mesin dan mencari pekerjaan tentu sulit sekali.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here