More

    Mendirikan Koperasi

    Jadi, secara ide koperasi itu pada dasarnya memang untuk menciptakan kesetaraan orang dalam praktek kehidupan sehari hari. Bukan hanya pada urusan hak memilih dan dipilih dalam Pemilu. Ide koperasi ini ciptakan kesetaraan bagi setiap orang untuk mengambil keputusan penting menyangkut terutama urusan ekonomi, urusan hidup mereka di perusahaan, organisasi modern yang penting ini.

    Koperasi ini berbeda dengan sistem kapitalis yang dalam mengambil keputusan perusahaan dan bagi keuntungan atas dasar modal. Koperasi ini berbeda dengan sistem korporat kapitalis yang tempatkan manusia lebih rendah derajatnya dari modal.

    Dampak koperasi ini menjadi begitu luas jika terus dikembangkan di seluruh sektor kehidupan. Kehidupan demokrasi yang genuine semakin dipahami. Kemandirian ekonomi semakin kuat. Perdamaian semakin hebat karena setiap saat orang promosikan kerjasama, kooperasi, bukan kompetisi seperti dalam korporat kapitalis.

    - Advertisement -

    Koperasi ini juga ketika dipraktekkan dengan benar ternyata membuat orang menjadi lebih peduli terhadap masalah kemanusiaan karena semua diputuskan demi kepentingan bersama. Menjadi manusia yang ramah lingkungan karena yang dikejar bukan semata keuntungan.

    Koperasi juga yang pasti akan memberikan dampak bagi keadilan sosial ekonomi bagi semua orang dan bukan hanya bagi akumulasi dan penumpukkan kekayaan bagi segelintir elit pemilik perusahaan konglomerasi kapitalis.

    Pada intinya, koperasi itu adalah sebuah ide sederhana tentang perjuangan kesetaraan manusia. Ingin gantikan rezim profit dengan benefit bagi semua. Bukan segelintir elit kaya dan penguasa politik. Ide koperasi adalah untuk ciptakan keadilan.

    Selamat hari Koperasi. Semoga muncul gerakan koperasikan BUMN yang sudah lacur ditelan kapitalisme.

    Jakarta, 12 Juli 2023

    Suroto

    Anggota AKSES (Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis)
    CEO INKUR (Induk Koperasi Usaha Rakyat)

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here