More

    Mendirikan Koperasi

    Di sektor lain, di Jerman misalnya, seorang Walikota Waterfald yang bernama Frederic Welhiem Raiffiesen juga mengadopsinya dengan dirikan sebuah bank dengan prinsip yang sama pada tahun 1848. Yaitu setiap orang, tak hanya yang menginisiasi dan memodali pertama, tapi termasuk yang bekerja dan nasabahnya dapat jadi pemilik bank tersebut.

    Ide koperasi bank yang kemudian berubah namanya jadi Credit Union itu berkembang di seluruh dunia dan saat ini dimiliki oleh 500 juta orang. Jadi bank milik nasabah yang disegani di banyak negara. Sebut misalnya Desjardins Credit Union di Canada yang aasetnya 4 kali lipat dari Bank BRI. Raiffiesen Bank, di Jerman, Rabbobank di Belanda, Credit Agricole di Perancis dan lain sebagainya.

    Tak hanya sampai disitu, ide ini meluas hingga ke sektor industri. Di Spanyol misalnya, seorang Pastur Jesuit yang bernama Jose Maria Arizmendiarrieta Madaragia mengajak 5 orang anak lulusan STM mendirikan perusahaan industri baja yang awalnya hanya jual alat pemanas ruangan.

    - Advertisement -

    Saat ini, Koperasi Mondragon Worker Cooperative ini telah jadi group besar perusahaan di segala sektor dari industri, ritel, bank, universitas dan lain lain yang dimiliki oleh 80 ribu pekerjanya dengan prinsip satu orang satu suara. Mereka semua yang bekerja adalah pemilik dan bos dari perusahaan mereka.

    I COOP Korea, yang dirintis oleh gerakan petani perempuan pembaharu dan disengati oleh Seumaul Undong atau semacam gerakan gotong royong ini mereka dirikan toko koperasi dan ajak konsumenya untuk gabung setiap hari.

    Setiap anggota baru sebelumnya harus ikuti pendidikan tentang koperasi dan juga bagaimana berkonsumsi secara ethis. Berkonsumsi yang sehat, mengurangi konsumsi atau tidak mengkonsumsi produk yang rusak lingkungan, diproduksi dengan buruh bergaji rendah, yang pekerjakan anak, dan lain lain.

    Dari pendidikan kesadaran berkonsumsi ethis itu akhirnya cipatakan produk ethis yang akhirnya berkembang menjadi sebuah integrasi perusahaan koperasi yang dimiliki pra konsumen ethis dan produsen ethis. Gerakan ini terus meluas dan bahkan telah mampu membangun beberapa kawasan Dream Park yang juga edukasi masyarakat bagaimana arti penting koperasi dan hidup yang ethis itu.

    Di sektor lain tentu sangat banyak. Di industri kreatif misalnya Bioskop Aron yang dimiliki penontonya, seperti Resonate sebuah platform Music dan Vedio, Stocksy untuk platform Fotografi yang dimiliki paea fotografernya. Layanan publik seperti koperasi rumah sakit terbesar di Washington, Group Health Cooperative ( GHC), listrik seperti Naational Rural Elextricity Cooperative Association ( NRECA) yang beroperasi di seluruh desa negara Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here