More

    Menikmati Clorot Sekaligus Melestarikan Budaya

    Cornelia Avioloka

    Clorot
    Clorot id

    Clorot, mungkin terasa asing di telinga kamu. Kue yang memiliki citra rasa manis  dan sedikit gurih ini berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Di era globalisasi seperti sekarang keberadaan Clorot memang sudah jarang ditemui di pasaran, apalagi daerah Ibukota Jakarta.

    Makanan luar memang lebih digemari masyarakat daripada makanan tradisional.Tapi jangan salah, Clorot juga tidak kalah lezat dan sehat.

    - Advertisement -

    Walaupun sulit, Clorot masih bisa kita temui di beberapa pasar Jakarta, seperti Pasar Subuh Senen. Harganya pun relatif murah, mulai tiga ribu hingga lima ribu rupiah, tergantung dari besar ukurannya.

    Clorot yang bertekstur kenyal dan lembut cocok untuk dinikmati sebagai camilan di kala santai. Biasanya Clorot dijadikan makanan ringan pada acara-acara tradisional. Biasanya klorot dikemas dengan dililit daun kelapa yang bentuknya menyerupai trompet. Cara makannya pun unik yaitu, dengan menekan bagian bawah Clorot hingga Clorotnya keluar. merupakan keunikan Clorot yang menjadi ciri khasnya.

    Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup sederhana dan tidak sulit untuk menemukan bahan bakunya.

    Bahan yang diperlukan :

    1. Tepung sagu 50 gr
    2. Tepung beras 50 gr
    3. Gula merah 150 gr (iris halus)
    4. Garam ¼ sdt
    5. Santan 250 ml
    6. Air 100 ml
    7. Daun janur
    8. Lidi untuk menyemat

    Cara pembuatan :

    1. Buat corong dengan menggulung daun janur ke arah atas dan pada bagian ujung bawahnya harus kecil dan rapat. Sematkan bagian ujung corong dengan lidi.
    2. Campurkan tepung sagu dan tepung beras sambil diayak.
    3. Masak air dengan gula dan garam sampai gula larut. Angkat lalu saring.
    4. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk-aduk hingga rata dan licin.
    5. Siapkan kukusan dengan saringan yang memiliki lubang besar atau bisa dengan amplas kelapa. Alasi dengan daun pisang, tancapkan corong janur agar tegak.
    6. Isi corong dengan adonan hingga hampir penuh, kukus sekitar 15 menit hingga matang. Kemudian angkat. Clorot siap disajikan.

    Sekarang kamu bisa mencobanya di rumah. Yuk lestarikan Clorot!

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here