More

    Festival Dark Mofo Tasmania Dimeriahkan Pertunjukan Seni di Rumah Sakit Jiwa

    AUSTRALIA PLUS

    Festival ‘Dark Mofo’ telah dimulai dengan penampilan khusus dewasa yang luar biasa oleh seniman Mike Parr di sebuah bekas rumah sakit jiwa, 35 kilometer dari Hobart.

    Poster pertunjukan artis Mike Parr di bekas rumah sakit jiwa di New Norfolk. Supplied
    Poster pertunjukan artis Mike Parr di bekas rumah sakit jiwa di New Norfolk. Supplied

    Situs online festival ini menyampaikan beberapa peringatan atas karya Mike di New Norfolk ini: “Baik pameran dan pertunjukannya berisi konten dan tema yang kontroversial, dan mungkin tak cocok untuk anak-anak. Anda harus memakai sepatu tertutup.”

    - Advertisement -

    Bagi direktur kreatif festival, Leigh Carmichael, pertunjukan Mike yang berlangsung selama 72 jam ini adalah tindakan yang paling menonjol dalam sejarah festival tersebut.

    Mike Parr akan membuat karya seni di dalam rumah sakit jiwa tua yang didirikan pada tahun 1927.

    Harga tiket masuk adalah cermin.

    “Pekerjaan ini sangat tak biasa. Ini melawan. Ini jelas tak cocok untuk anak-anak. Saya pikir berada di lingkungan ini -ini adalah sebuah situs yang penuh horor, rasa sakit dan siksaan,” jelasnya.

    “Ini perlu diperhatikan secara serius. Itu menghantui ketika Anda berjalan di sekitar lokasi. Saya rasa ini adalah pertunjukan paling menonjol yang pernah diproduksi ‘Dark Mofo’,” tambahnya.

    Di tahun keempat-nya, ‘Dark Mofo’ direncanakan menjadi ajang yang lebih besar dan lebih populer dari sebelumnya.

    Dengan kehadiran seluruh penonton yang berjumlah sekitar 280.000 orang pada tahun lalu, festival di pertengahan musim dingin ini mengalahkan festival ‘Taste of Tasmania’ di musim panas sebagai acara tahunan terpopuler di Tasmania.

    Selama dua minggu program, 400 seniman dari Australia dan seluruh dunia akan tampil di 25 tempat. Enam acara sudah terjual habis dan penyelenggara berharap akan ada 20% lebih banyak pengunjung antar negara bagian dari tahun lalu.

    “Tahun lalu kami kedatangan sekitar 8.000 orang dari negara bagian lain dan itu sama dengan sekitar 30% dari penjualan tiket,” jelas Leigh.

    “Tahun ini, jumlahnya diperkirakan 40% dan jumlah tiket yang lebih banyak. Kami pikir, seharusnya kami melebihi angka tahun lalu sekitar 2.000 tiket,” imbuhnya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here