More

    Garasi Nenek Pencetak Milyader

    MERCURENEWS/MARISA KENDALL

    “Kamu akan menemukan ide-ide luar biasa di sini…” ucap Genie Laborde pemilik pondok bercat biru muda yang terletak di jalan Alma kota Palo Alto.

    Genie Laborde. Semua perusahaan yang menyewa tempatnya menjulukinya sebagai Eyang dari Silicon Valley. FOTO : GARY REYES/Bay Area News Group
    Genie Laborde. Semua perusahaan yang menyewa tempatnya menjulukinya sebagai Eyang dari Silicon Valley. FOTO : GARY REYES/Bay Area News Group

    Dari penampakannya tak ada yang spesial dengan tempat ini, namun dalam 15 tahun terakhir rumah sederhana ini sudah mencetak hampir selusin perusahaan teknologi terdepan. Pemilik tempat ini bersumpah ada sesuatu yang spesial di sini.

    - Advertisement -

    Setahun belakangan ini, semua perusahaan yang menyewa tempatnya menjulukinya sebagai Eyang dari Silicon Valley

    Perusahaan termostat Nest mulai terbentuk di garasi Laborde pada tahun 2010 dan empat tahun kemudian perusahaan ini diambil ahli oleh google dengan nilai 3,2 Miliar USD. Beberapa perusahaan lain juga meningkatkan nilainya segera setalah menyewa ruang bawah tanah ataupun garasi rumah yang dimiliki oleh Laborde – menyewa tempat itu seperti kekuatan magis yang mendatangkan keberhasilan bagi para perusahaan startup.

    “Saya biasa berjalan melewati kantor Nest dan sekarang Nest berubah menjadi perusahaan besar” ucap Ben Brewster, pendiri perusahaan Monotize Solutions yang pindah ke garasi Laborde awal tahun 2016.

    “Ada potensi besar dan kesempatan,” kata Ben Brewster

    Selain Nest, beberapa perusahaan besar yang juga menuai keberhasilan setelah menyewa tempat Laborde adalah EdgeSpring, Comprehend, Cloudastructure dan VersaMe yang baru saja meluncurkan produk pertamanya setelah mendapatkan lebih dari 100.000 USD  melalui Indiegogo.

    Laborde membeli tempat ini pada akhir tahun 1990, awalnya digunakan sebagai inkubator untuk perusahaan konsultan pribadinya. Properti ini dilindungi oleh beberapa pohon redwood, taman belakang digunakan untuk ruang pertemuan atau menerima panggilan telepon.

    Laborde sendiri adalah wanita bertubuh munggil dengan 16 cucu dan 9 cicit. Perempuan dengan rambut putih ini tak pernah tertarik menanamkan modal di perusahaan startup yang ada di bawah atapnya. Meski tak mengerti apa-apa tentang teknologi, Laborde mengaku mendapatkan energi dari benda-benda yang ditinggalkan oleh penyewa lamanya.

    Sebagai penulis dan seniman, Laborde senang memenuhi rumah dan kantornya dengan lukisan. Menurutnya kreativitas adalah getaran dan kita semua mendukung kreativitas satu sama lain.

    Harga sewa 7000$ per bulan dari garasi ini tidak pernah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, Laborde sedang duduk di atas tambang emas. Harga properti ini terus meningkat tajam namun Laborde tidak ingin menjualnya.

    “Sebenarnya penggunaan uang terbatas, saat kamu memiliki sesuatu yang kamu nikmati dan menghasilkan untukmu.” ucapnya. []

    Translasi : NATALIA OETAMA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here