More

    Mengintip Kehidupan Sosial Mahasiswa Amerika Dalam Film Greek

    Endah Kemala

    18022013 ilustrasi mengintip kehidupan sosial mahasiswa amerika dalam seriak greekFilm serial yang biasa ditayangkan di Fox Movie ini bukan sekedar kisah cinta . Tapi kamu juga bisa melihat gambaran sistem pendidikan dan sosial di sana. Lalu apa hubungannya dengan Greek?

    Kamu yang suka sejarah dan filsafat pasti tau dong kalau Yunani merupakan salah satu peradaban Kuno yang terkenal di dunia. Banyak sekali filsuf yang lahir di sana dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sampai saati ini terasa pengaruhnya. Salah satunya adalah universitas.

    - Advertisement -

    Jika dulu hanya anak bangsawan saja yang bisa belajar di universitas, sekarang siapa pun bisa belajar di universitas. Tempat kuliah kita ini merupakan evolusi sekolah katedral pada abad ke-13 yang mengadopsi sistem pendidikan Yunani.

    Tentu di lembaga pendidikan ini tidak hanya persoalan pengetahuan tapi juga soal solidaritas dan persaudaraan.

    Kelompok-kelompok persaudaraan di universitas banyak yang unik. Para mahasiswa membangun kelompok atau organisasi ini dengan pelbagai tujuan. Bahkan masuknya seorang mahasiswa dalam kelompok bisa menjamin masa depan.

    Di Amerika Utara misalnya, berkembang oranisasi-organisasi persaudaraan (sorority untuk perempuan, dan fraternity untuk laki-laki) di universitas. Organisasi-organisasi ini pun dinamakan dengan nama Yunani, seperti  Pi Beta Phi, Kappa Kappa Gamma, Alpha Phi,Phi Mu, Alpha Phi Omega,Phi Sigma Pi, Alpha Delta Phi Masyarakat,Kappa Kappa Psi, Mu Phi Epsilon dan lainnya.

    Gagasan membentuk kelompok persaudaraan tak lepas dari seorang mahasiswa bernama John Heat. Ia yang kuliah di The College of William & Mary di Williamsburg, Virginia pada tanggal 5 Desember 1776 mendirikan The Phi Beta Kappa. Kemudian muncullah kelompok-kelompok persaudaraan lainnya hingga saat ini.

    Kayak unit kegiatan mahasiswa di Indonesia, kelompok solidaritas membangun sistemnya dengan rekruitmen dan kaderisasi. Di kelompok ini, anggota dan pengurus mahasiswanya berhubungan akrab dengan alumnus yang telah memiliki karir yang sangat bagus.

    Dalam serial Greek, diceritakan bahwa anggota dari sorority dan fraternity ini merupakan anak-anak populer dan pilihan. Banyak sekali mahasiswa yang ingin menjadi anggota persaudaraan ini agar memiliki kesempatan karir yang bagus nantinya setelah mereka lulus. Tidak hanya itu, kita akan melihat gaya hidup sosial yang sangat kental dengan gaya hidup yang ternyata sedikir berbau Yunani. Ada kelompok persaudaraan yang memberlakukan sistem “kelas“, namun ada juga yang gaya hidupnya Amrik banget.

    Masa muda para mahasiswa ini tidak hanya dihabiskan dengan belajar. Mereka membutuhkan wadah untuk dapat mengekspresikan diri. Dalam kelompok persaudaraan mereka tidak hanya dapat bersenang-senang, namun juga mengaplikasikan bakat politis, manipulatif, serta memanfaatkan jaringan para alumni untuk masa depan. Di sini mereka juga berkesempatan mencari kekasih “prospek“.

    Para anggota dari klub persaudaraan ini tinggal dalam 1 asrama, dengan aneka fasilitas yang tentunya terjamin.

    Jalan cerita dari film ini sebenarnya cukup sederhana. Dengan cerita yang membawa kehidupan Rusty, seorang mahasiswi awal yang sangat pintar, dan ketika SMA merupakan kutu buku yang cupu. Berbanding terbalik dengan kakaknya Casey yang sangat perfect. Casey yang cantik dan cerdas ini adalah ketua sororitas paling top di kampus tersebut, serta memiliki seorang kekasih ketua fraternity paling top di kampus, dengan background keluarga yang sangat kaya dan terpandang.

    Rusty yang sejak kecil selalu diremehkan oleh sang kakak, ingin membuktikan jika ia bisa masuk menjadi anggota kelompok fretinity yang dipimpin kekasih sang kakak, di Omega Phi. Namun, ternyata ia tidak memenuhi syarat. Kelompok Omega phi mengadopsi sistem kelas, sehingga anggotanya harus berasal dari anak-anak orang kaya dengan berbagai prestasi yang membanggakan.

    Tujuannya, agar nantinya mereka bisa memanfaatkan keanggotaannya untuk meraih masa depan mereka.

    18022013 ilustrasi mengintip kehidupan sosial mahasiswa amerika dalam seriak greek 2

    Akhirnya Rusty masuk ke anggota fraternity Kappa Tau yang gak kalah populer, bahkan merupakan saingan dari Omega Phi. Kelompok pimpinan Cappie ini sangat berbeda dengan kelompok Omega Phi. Jika Omega Phi adalah kelompok elite yang serius dan selalu berpaklaian rapi, maka kelompok Kappa Tau ini kumpulan cowok-cowok ganteng yang sangat cuek dan sering banget party.

    Mereka tidak memperdulikan kelas. Para atlet terkenal, badboy atau mahasiswa pemalas bersatu menjadi saudara di asrama mereka. Tapi mereka gak cupu, malah Rusty sangat mengidolakan Cappie yang gampang banget dapetin cewek cantik.

    Ternyata Cappie merupakan mantan kekasih dari Casey, yang diputuskan karena dia tidak pernah serius. Dan untuk melengkapi kesempurnaannya, Casey harus mencari pria yang sangat sempurna untuk prospek hidupnya ke depan.

    Dari sinilah Rusty akan melihat sang kakak yang sebenarnya, jika ia bukanlah cewek perfect menyebalkan yang selalu menindasnya. Rusty yang penyabar akan sering membatu Casey ketika berada dalam kesulitan. Bukan dalam mencari cinta sejati lho, tapi dalam hal manipulatif dan mempertahankan posisi politiknya di kampus. Di mana Casey adalah seorang gadis yang kuat, cerdas dengan ego dan harga diri tinggi. Begitu pula ketika ada orang lain yang ingin menjatuhkannya, ia tidak akan tinggal diam.

    Dan begitu pula Cassey, ia membantu sang adik untuk bertransformasi menjadi seorang “pria”, bukan lagi seorang bocah cupu dengan pikiran yang polos. Ia memperlihatkan kepada Rusty, bahwa ia harus berani dan berfikir dewasa agar tidak selalu menjadi “the boy next door” yang tertindas. Casey juga membantu Rusty untuk menjadi lebih pede dalam mencari pacar.

    Di sinilah kita dapat melihat tidak hanya kisah cinta, tapi dinamikan mahasiswa di kampus yang juga memiliki banyak intrik. Terutama pada kehidupan Casey yang berambisi untuk memiliki karir politik nantinya. Begitupula kisah konyol kedua kakak dan beradik yang walaupun seringkali bertengkar, namun saling menyayangi.

    Kalau kamu punya kakak yang galak, menyebalkan dan sering menindas, coba lihat bagaimana Rusty menjinakkannya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here