More

    SIKREMUT Karya Mahasiswa UI Paling Inspiratif Tahun 2011

    Ahmad Fauzan

    Para mahasiswa menerima penghargaan Inspiratif Student Awards dan penulisan Essay terbaik se-Universitas Indonesia, di kampus UI, Depok, (30/11). FOOT : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA,KabarKampus-Badan Eksekutif Universitas Indonesia menganugerahkan inspiring student awards  kepada Ardi, Ade Kurniawati,  dan Yasmin Khairina, Fitria Nila Kanti, Mira Rodarica  atas karya mereka  membuat  aplikasi mobile untuk pelayanan  informasi kereta komuter Jabodetabek, di Kampus Universitas Indonesia, Depok, (30/11). Mereka mengalahkan  4 proyek mahasiswa lainnya yang tak kalah inspiratif dibidang sosial dan ekonomi.

    Karya itu dinamakan SIKREMUT, sistem informasi kereta komuter, yakni sistem layanan mobile mengenai  informasi  waktu keberangkatan, informasi  lokasi stasiun, alarm penanda telah sampai ke tujuan,  dan sebagainya yang dapat dilihat pada  telepon genggam.

    - Advertisement -

    Ardi  mengatakan projek ini merupakan tanggung jawab mereka  sebagai mahasiswa ilmu komputer, untuk  menciptakan  teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.  Mereka melihat kereta api sebagai  solusi atas masalah kemacetan dan polusi udara di Jakarta. Dengan menciptakan sebuah teknologi informasi pada komuteri ini, mereka berharap  dapat memaksimalkan penggunaan kereta komuter di Jakarta.

    Saat ini aplikasi  ini baru  digunakan pada handphone jenis Android.  Para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer 2008 ini akan  mengembangkan fitur fitur inovatif lainnya sehingga produk ini dapat digunakan pada jenis lain seperti Blackberry. Ardi berharap  ke depan dapat bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia.

    “Inspiring Student Awards” diikuti oleh 14 karya mahasiswa UI  dari berbagai fakultas,  yang tak lagi sekedar  berupa gagasan, namun langkah kongkrit mereka di  bidang sosial ataupun  proyek pengembangan iptek yang bermanfaat untuk masyarakat.

    Seperti  proyek  yang dikerjakan  Indri Astuti, Nurul Khasanah, dan Rini Setianingsih yang melakukan penyuluhan  Prilaku Hidup Bersih dan Sehat di  pulau Ende di Nusa Tenggara Timur.  Mereka mengajarkan anak-anak di sana agar menyikat gigi, cuci tangan, dan membiasakan hidup sehat di daerah yang memiliki tingkat kesehatan rendah tersebut.

    Inspiring  student awards adalah rangakaian kegiatan  UI Untuk Bangsa yang  bertema “kritik dan gagasan Kongrit Mahasiswa untuk Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Setara, ” program yang dibuat BEM  UI sebagai saranan mahasiswa UI dalam berkontribusi memecahkan permasalahan bangsa melalui tulisan dan karya yang kritis dan mebangun.  Selain itu  program ini  memperlombakan gagasan essay untuk kategori sains, teknologi dan kesehatan sebanyak 15 tulisan.

    Maman  Abdurokhman, Presiden Mahasiswa  BEM UI mengatakan ,  Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap karya mahasiswa UI,  kemudian karya dan tulisan tersebut akan dibuat buku, agar lebih meluas dan menginpirasi mahasiswa di Indonesia lain. “ Ini adalah subangsih kami untuk bangsa,”  tutur Acara Maman.

    UI untuk  telah berlasung selama tiga tahun. Pada penyelenggaraaan tahun lalu, hasil karya mahasiswa UI ini telah sampai di tangan Presiden.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here