More

    Indonesia Laboratorium Bencana Alam Dunia

    Korban bencana alam Desa Tenjolaya, Kabupaten Bandung. ILUSTRASI FOTO : PRABOWO SETYADI

    Frino Bariarcianur

    BANDUNG, KabarKampus—Jadikan Indonesia sebagai laboratorium bencana alam terlengkap di dunia. Pernyataan ini disampaikan oleh Prof. M.T. Zen saat memberi ceramah pada Simposium Hasil Penelitian Gempa Bumi dan Tektonik Aktif – GREAT, Selasa (10/01) di Aula Barat ITB. Maksudnya?

    Alasannya menurut Prof. Zen, kondisi geografis Indonesia yang rentan terhadap gejala alam seperti gempa bumi dan vulkanik, memberi keuntungan dari segi pengetahuan kepada bangsa Indonesia. Untuk itulah bangsa Indonesia seharusnya memiliki pengetahuan bagaimana menanggulangi dan menghadapi bencana alam tersebut.

    Pada dasarnya menurut Prof. Zen, gejala alam itu bukanlah sesuatu yang tidak baik atau pun buruk. Gejala alam berubah menjadi bencana apabila terjadi di permukiman manusia dan manusia tidak siap menghadapinya.

    - Advertisement -

    “Manusia punya rasional dan dapat melakukan sesuatu untuk mencegahnya. Di sinilah letak pentingnya penelitian mengenai gejala alam yang ada di Indonesia,” kata Prof. Zen seperti dikutip dari HUMAS ITB.

    Sayangnya, saat ini peta bencana alam yang ada di Indonesia belum begitu detail. Prof. Zen menghimbau agar penelitian ke depan bisa menghasilkan peta hazard yang lebih detail dan lengkap dan dapat diakses publik dengan mudah. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here