More

    Mahasiswa UPI Turun Ke Desa

    Ahamd Fauzan

    ILUSTRASI Humas UPI

    BANDUNG, KabarKampus – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Nanggerang, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Acara dengan tema Melalui Pendidikan Ciptakan Desa Ngadeg diselenggarakan dari  10 – 12 Januari 2012.

    Kegiatan ini antara lain ; memperkenalkan penanggulangan hama terpadu dengan bahan yang murah dan efisien, memberikan pelatihan membuat media pembelajaran sederhana,  memberikan demonstrasi sains kepada siswa SD dan SMP, memeriksa tensi darah secara gratis, Tabligh Akbar, memberikan sumbangan bibit tanaman unggul , acara kreasi seni anak dan lomba anak, serta demo memasak ibu-ibu.

    - Advertisement -

    “Melalui kegiatan ini, kami bermaksud meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, mengajak masyarakat untuk peduli dan melestarikan lingkungan, serta melatih mahasiswa mengetahui kondisi objektif masyarakat,” kata Ketua Pelaksana, Dhiyassalam Imam, Bandung, Senin (9/1/2012).

    Menurutnya,  pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi, sudah menjadi keharusan mahasiswa dan komponen dalam perguruan tinggi mengaplikasikannya. Hal tersebut tidak lain karena perguruan tinggi merupakan tempat menimba ilmu sehingga sepatutnya ilmu tersebut dapat ditularkan kepada masyarakat.

    “Sasaran kegiatan ini adalah para  petani, guru dan siswa SD dan SMP, serta masyarakat  yang ada di Desa Nanggerang,” kata Dhiyassalam.

    Dhiyassalam berharap, masyarakat desa mampu berkembang dan memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri tanpa bergantung pada pihak mana pun.

    “Meningkatnya pendidikan di desa dengan pembinaan yang intensif dapat meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat,” tambah Dhiyassalam.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here