More

    Jakarta Festival Museum Day 2012

    Museum Fatahilah di Kota Tua Jakarta.Foto : Frino Bariarcianur

    JAKARTA, KabarKampus – Hari ini, 18 Mei 2012, seluruh dunia memperingati Hari Museum Internasional. Peringatan ini sudah dimulai sejak 18 Mei 1997. Di Jakarta sendiri akan dilaksanakan di Taman Fatahillah Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, pada hari Sabtu (19/05), 10-00 – 22.00 WIB.

    Acara yang diberi nama Jakarta Festival Museum Day 2012 telah digelar untuk ketiga kalinya oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jakarta. Tahun ini  mengusung tema “Museum in a Changing World; New Challenges, New Inspiration” (Museum dalam Dunia Perubahan, Tanatangan Baru, Inspirasi Baru).

    “Acara dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan dan memanfaatkan museum sebagai asset pembangunan, meningkatkan profesionalisme pengelola museum untuk menciptakan program kegiatan yang kreatif dan inovatif sebagai daya tarik museum,” kata Arie Budiman Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, seperti dilansir Jakarta.go.id, Selasa (15/05/12).

    - Advertisement -

    Jakarta Festival Museum Day 2012 menyajikan berbagai kegiatan, antara lain pameran museum-museum, pergelaran seni budaya tradisional atau kontemporer, atraksi permainan tradisional, talk show, kegiatan komunitas pecinta dan pemerhati museum dan heritage, workshop, dan bazaar. Selain itu juga ada beberapa lomba yang dapat diikuti yaitu Lomba Orasi, Lomba Foto, Lomba komunitas Sepeda Ontel, Lomba Melukis Keramik, dan lain-lain. Bagi pemenang akan diberikan bingkisan dan hadiah.

    Jakarta Festival Museum Day 2012 diikuti oleh 43 dari 50 musium se-DKI Jakarta, yaitu UP Museum Sejarah Jakarta, UP Museum Seni Rupa dan Kramik, UP Museum Wayang, UP Balai Konservasi, UP Kota Tua, UP Museum Bahari, UP Monumen Nasional (Monas), UP Museum Tekstil, UP Museum Joang’45, Museum M.H Thamrin, UP Taman Arkeologi Onrust, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Nasional, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Galeri Nasional, Museum Satria Mandala, Monumen Pancasila Sakti, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Layang-layang, Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti, Museum Asmat, Museum Indonesia, Museum Fauna Indonesia “Komodo dan Taman Reptilian”, Museum Penerangan, Museum Olah raga, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Transportasi, Museum Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Timor Timur, Museum  Al-Qur’an (Lebak Bulus), Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Museum  katedral, Diorama ANRI (Arsip Nasional RI), Pusat Dokumentasi Sastera HB Yassin, Pengelola Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII, Museum rekor Indonesia (MURI), dan Dunia Serangga, Taman Kupu dan Dunia Air tawar.

    Yuk, kita ke museum! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here