More

    Wayang Landung Kreasi Dari Ciamis

     

    Wayang Landung
    Wayang Landung

     

    Frino Bariarcianur

    - Advertisement -

    Wayang Landung merupakan wayang hasil adaptasi dari wayang Golek kreasi Pandu Radea. Wayang ini berukuran raksasa. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Uniknya pula terbuat dari bahan-bahan alam yakni daun.

    Untuk memainkan wayang raksasa Ciamis ini butuh 1 orang yang bertugas memikul. Ia masuk ke dalam tubuh wayang lalu bergerak-gerak mengikuti alunan musik dan cerita. Di Ciamis, Wayang Landung (dulu disebut jalukjuk) telah menjadi salah satu ikon budaya lokal.

    Kita bisa melihat pertunjukkan Wayang Landung saat pesta pernikahan, sunatan atau peristiwa-peristiwa besar lainnya. Wayang-wayang diarak berkeliling kampung. Warga-warga mengiuti dengan riang gembira. Tiba di sebuah tempat yang lapang, wayang-wayang itu akan berlaga.

    Bak cerita silat, mereka mengadu kesaktian. Iringan musik semakin cepat dan teriakan semakin ramai. Sampai salah satu hancur atau menyerah kalah, pertunjukkan usai.

    Pandu Radea salah seorang dalang asal Ciamis membuat Wayang Landung ini pada tahun 2007. Saat itu ia diundang untuk menyuguhkan sebuah pertunjukkan wayang di Bali. Wayangnya mencuri perhatian. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here