More

    Perkuliahan di ITB Dapat Diakses Lewat Youtube

    Ahmad Fauzan Sazli

    capture video youtube itb

    BANDUNG, KabarKampus –  Tak cuma Ahok yang membuat gebrakan mempertontonkan rapat-rapatnya di internet. Dari dunia kampus, Intitut Teknologi Bandung (ITB) melakukan gebrakan yang sama, yakni mempertontonkan proses belajar mengajar di dalam kelas.

    - Advertisement -

    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB yang memulainya. Mereka membagikan sejumlah video perkuliahan di dalam kelas lewat Youtube. Ada pun video perkuliahan tersebut adalah mata kuliah Kimia Dasar dari sesi pertemuan satu hingga tujuh.

    Materi yang disampaikan antara lain, Sifat-sifat Fisik Larutan, Kinetika, Keseimbangan, serta Konsep Aam Basa. Semua materi tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Ismunandar, guru besar FMIPA ITB.

    Menurut Ismundar, ia membagikan video pekuliahannya melalui internet karena ingin berkontribusi pada penyediaan sumber belajar untuk mahasiswa.

    “Harapannya mahasiswa dapat mengulang lagi materi yang sudah diajarkan di kelas dengan mudah,” kata Ismunandar, Kamis, (14/03/2013).

    Selain itu menurutnya, tidak hanya mahasiswa saja yang melihat video ini, namun juga kalangan praktisi pendidikan dan akademisi yang terkait dengan Kimia. Ia juga mengharapkan video ini dapat dimanfaatkan para guru kimia, dosen, dan masyarakat luas.

    Video yang rata-rata berdurasi lebih satu jam ini terinspirasi dari Open Courseware Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dengan kemunculan proses pengajaran di internet ini diharapkan akan ada koreksi dan kritik yang membangun  atas materi yang disampaikannya.

    Nah, KaKa bisa melihat bagaimana materi kuliah Prof Ismunandar itu di Youtube. Ini link-nya http://www.youtube.com/watch?v=jYjqftw8kNY.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here