More

    Nasa Prediksi 3 Planet Bisa Menggantikan Bumi

    Endah Kemala

    30042013 ilustrasi planet keplerBeberapa bulan kemaren, bumi kita ini marak dengan isu masalah kiamat, Global Warming, kerusuhan, hingga perang dunia 3. Banyak sekali pendapat yang mengatakan bahwa kehidupan di bumi sudah tidak layak lagi, dan imajinasi mengenai planet baru seperti di film-film fiksi ilmiah mulai muncul dalam pikiran masyarakat.

    Tapi, imajinasi itu ternyata diwujudkan oleh beberapa ilmuan NASA mengenai pemberitaan adanya beberapa planet yang mirip dengan bumi. Bahkan kabarnya, berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah planet itu bisa kita huni atau tidak. Jika bisa, maka kita bisa langsung pindah ketika ancaman kiamat datang.

    - Advertisement -

    Saat ini, satelit NASA Kepler telah mengawasi lebih dari 150 ribu bintang untuk dapat meneliti beberapa pelanet yang mirip dengan bumi. Dan kini, telah terdapat 3 planet yang diperkirakan dapat menggantikan bumi, yaitu Kepler -69, serta Kepler-62e dan Kepler-62f. Dalam sebuah studi yang dirilis dalam Jurnal Science, Kepler-62e dan Kepler-62f dianggap merupakan bagian dari sistem lima planet yang diperkirakan dapat mendukung kehidupan. Sayangnya letaknya sangat jauh, hingga 1.200 tahun cahaya. Untuk hitungan jarak sendiri, satu tahun cahaya dinilai sama dengan hampir 6 triliun mil. Kedua bintang ini memiliki bintang induk bernama Kepler-62 yang diduga perannya mirip dengan bumi. Untuk bintang ketiga sendiri, yaitu Kepler-69 memiliki jarak hingga 2.700 tahun cahaya dari bumi.

     

    Berikut ini sedikit gambaran mengenai ketiganya.

    Kepler-62e

    Kepler-62e memiliki ukuran sekitar 60 persen lebih besar dari planet bumi. Jarak planet ini ke bintang induknya diduga sedikit lebih dekat. Uniknya, Kepler -62e ini sebagian besar wilayahnya tertutup oleh lautan, sehingga disebut juga sebagai planet air. Untuk ukuran waktunya, satu tahun sebanding dengan 122,4 hari.

    Kepler-62f

    Ukuran dari Kepler-62f diperkirakan 40 persen lebih besar dari Bumi. Gak hanya itu, planet ini dianggap paling mirip dengan bumi. Berbeda dengan Kepler-62e, planet ini bisa menjadi berbatu, dengan kutub, daratan, dan juga air. Untuk ukuran waktunya, sama seperti bumi, yaitu satu tahun sebanding dengan 267,3 hari.

    Kepler-69c

    Berbeda dengan Kepler-62f dan Kepler -62e, meskipun berpontesi menggantikan bumi, tetapi planet ini tidak termasuk dalam studi The Astrophysical Journal. Sebenarnya  Planet terkecil yang dalam “zona huni” ini secara teoritis menahan air yang likuid. Dalam teori sebenarnya tampak kurang pas menggantikan bumi. Akan tetapi, dengan penelitian yang telah dilakukan mereka, Kepler-69c tetap dianggap dapat menggantikan bumi.

    Mungkin gak saat-saat ini bumi kita bisa digantikan oleh planet lain, karena semuanya masih dalam tahap penelitian untuk melihat seberapa besar bahaya pada planet tersebut. Kita lihat saja, apakah kehidupan ini akan benar-benar seperti dalam kisah “Star Wars”.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here