More

    Indonesia-Australia Akan Ajak Dialog Negara Asal Pencari Suaka

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    06 07 2013 SBY - Kevin Rudd

    Iffah Nur Arifah

    - Advertisement -

    Salah satu hasil kongkret dari Dialog Antar Pemimpin Indonesia-Australia ke-3  di Istana Bogor adalah Indonesia didukung Australia dalam waktu dekat akan menggelar Pertemuan Tingkat Menteri di kawasan untuk membahas isu penanganan pencari suaka.

    Pertemuan  ini diyakini dapat memberikan solusi kongkrit bersama untuk menuntaskan masalah pencari suaka.  Karena pertemuan itu  selain melibatkan negara-negara di kawasan, juga akan mengundang negara-negara asal para pencari suaka, seperti Sri Lanka, Afghanistan,  Iran dan Myanmar.

    Dalam keterangan persnya bersama Perdana Menteri (PM) Kevin Rudd usai menggelar pertemuan di istana bogor, Presiden Yudhoyono menegaskan kembali kalau masalah terkait pencari suaka merupakan masalah yang harus dikelola bersama oleh kawasan dan negara asal pencari suaka.

    “Kita ingin negara-negara ini duduk bersama dan mencarikan solusinya. Karena melibatkan semua pihak, pertemuan nanti akan bersifat action oriented dan issue focus.” jelas SBY.

    Presiden yang mengusulkan inisiatif pertemuan ini  secara tegas mengatakan sangat tidak adil jika masalah pencari suaka ini hanya dibebankan kepada Indonesia dan Australia saja.

    “Tidak adil jika hanya dibebankan pada Indonesia,  Kami juga menerima ribuan pencari suaka dari negara-negara tertentu dan harus mengelola itu semua.  Begitu juga tidak tepat jika cuma diserahkan pada australia.” Kata SBY.

    Karenanya Presiden Yudhoyono menekankan perlunya kerjasama dan tanggung jawab dari semua negara di kawasan.

    PM Kevin Rudd langsung menyambut baik iniisiatif Presiden Yudhoyono ini dan memuji kesediaan indonesia menggelar pertemuan penting yang disebutnya  sebagai solusi bagi semua.

    “Presiden Yudhoyono mengatakan masalah ini merupakan masalah kawasan, karenanya inisiatif Presiden Yudhoyono harus menjadi kerangka kerja yang harus  diupayakan bersama. Saya mengucapkan selamat atas kesediaan Anda menyelenggarakan pertemuan itu dalam waktu dekat.”  Kata Rudd dalam pernyataan persnya.

    Masalah pencari suaka adalah satu dari 3 isu besar yang dibahasa dalam pertemuan  bilateral Presiden Yudhoyono dan PM Kevin Rudd di Istana Bogor.  Dua isu besar lainnya adalah kerjasama perdagangan ternak dan daging sapi serta Papua.[]

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here