More

    Jutaan Orang Rayakan Ultah Nelson Mandela ke-95

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    19 07 2013 nelson mandela

    Jutaan orang di seluruh dunia merayakan ulang tahun Nelson Mandela yang ke-95 pada hari Kamis (18/07/2013), gembira mendengar berita bahwa ikon anti-apartheid itu sudah bisa tersenyum dan mengangguk kepada orang-orang yang menjenguknya.

    - Advertisement -

    Setelah enam minggu dirawat intensif di rumah sakit, Ndileka Mandela mengatakan, kondisi kakeknya terus membaik.

    Pesan itu senada dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang mengatakan setelah berkunjung ke RA bahwa ia mendapati Mandela dalam keadaan stabil. Zuma sempat mengucapkan ‘selamat ulang tahun’ dan Mandela tersenyum.

    Ini merupakan kemajuan dramatis bagi Mandela, yang baru beberapa minggu lalu diduga sudah hampir mendekati kematian.

    Orang-orang terlihat bergembira di luar rumah sakit, menyanyikan lagu-lagu perjuangan anti apartheid dan anak-anak sekolah membacakan puisi yang didedikasikan kepada presiden pertama kulit hitam Afrika Selatan itu.

    Berita pada hari Kamis itu mendatangkan kelegaan bagi seluruh rakyat Afrika Selatan yang merayakan Hari Mandela dengan berbagai aktivitas.

    Gang-gang moge membersihkan jalan-jalan, relawan mengecat sekolah-sekolah dan politisi melakukan proyek-proyek yang berguna – semuanya dalam rangka memperingati 67 tahun pelayanan Mandela kepada publik.

    Dekat Pretoria, Zuma menyerahkan perumahan pemerintah kepada kaum miskin kulit putih.

    Dukungan dunia

    Pesan dukungan juga mengalir dari seluruh dunia – dan bahkan dari para astronot di Stasiun Antariksa Internasional.

    Presiden AS Barack Obama menyerukan kepada masyarakat untuk menghormati Mandela melalui kerja sukarela.

    Pesan lainnya datang dari Dalai lama, mantan presiden AS Bill Clinton dan isterinya Hillary, aktor Morgan Freeman dan orang yang dulu memenjarakan Mandela, FW de Klerk, yang sama-sama mendapat Hadiah Nobel Perdamaian.

    Keluarga Mandela juga melakukan kegiatan, dengan cucu-cucunya menjadi relawan di sebuah panti asuhan. Mereka kemudian berkumpul di RS untuk makan siang, bersama isteri ketiga Mandela, Graca Machel, yang juga merayakan ulang tahun pernikahan mereka ke-15 pada hari Kamis.

    PBB di tahun 2010 menyatakan Hari Mandela pada ulang tahunnya.[]

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here