More

    Pendaki Dilarang Upacara 17 Agustus di Puncak Semeru

    Frino Bariarcianur

    16 08 2013 puncak semeruLUMAJANG, KabarKampus—Status Gunung Semeru saat ini masih waspada atau berada di level II.  Status ini membuat pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) mengeluarkan larangan bagi para pendaki yang ingin menggelar upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2013 esok.

    “Kami melarang para pendaki untuk melakukan upacara di Puncak Semeru atau Mahameru karena berbahaya,” ungkap Kepala Balai Besar  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari, seperti dilansir ANTARANEWS.COM, Jumat (16/08/2013).

    - Advertisement -

    Namun pihak TNBTS memperbolehkan para pendaki untuk melakukan upacara bendera di radius 4 kilometer dari Mahameru. Seperti tahun 2010, upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI dilaksanakan di Kalimati.

    Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, TNBTS menerjunkan 30 petugas di sepanjangan jalur pendakian tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Petugas telah berjaga-jaga di Pos Ranu Pani, Ranu Kumbolo hingga Kalimati.

    Saat ini jumlah pendaki yang naik gunung Semeru berjumlah 2.513 orang. Diantaranya ada 4 pendaki asal Belgia. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 mdpl. Setiap tahun terutama pada saat HUT Kemerdekaan RI ribuan pendaki menggelar upacara bendera di gunung tertinggi di pulau Jawa ini.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here