More

    Ditemukan Gunung Terbesar di Dunia di Bawah Samudra Pasifik

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    06 09 2013 gunung di dasar laut samudera pasifik

    Tim pakar geologi pimpinan William Sager di Texas A&M University mengatakan telah menemukan gunung terbesar di dunia, yang ukurannya kira-kira sama besarnya dengan Kepulauan Inggris, berada di bawah Samudra Pasifik. Diberi nama ‘Tamu Massif’.

    - Advertisement -

    Kata mereka gunung itu merupakan bagian dari Shatsky Rise, plateau yang dalam di dasar Pasifik yang berlokasi sekitar 1.600 kilometer sebelah timur Jepang

    Wujudnya tunggal, sangat besar, seperti kubah bulat dalam bentuk perisai, terdiri dari lava mengeras dari letusan sekitar 144 juta tahun lalu.

    Mencakup sekitar 310-ribu kilometer persegi – seukuran luas gabungan Inggris dan Irlandia – dan berlereng dengan ketinggian sekitar 3,5 kilometer di atas permukaan laut.

    “Tamu Massif dikenal sebagai gunung sentral tunggal di dunia,” begitu menurut laporan tim pakar geologi dalam jurnal Nature Geoscience.

    “Dalam ukuran luas, kira-kira seukuran Kepulauan Inggris atau Olympus Mons di Mars, yang dianggap gunung terbesar dalam Tata Surya”, kata pemimpin tim William Sager, “Tidak akan mengejutkan saya kalau didapati bahwa ada lebih banyak lagi Tamu di luar sana. Plateau samudra terbesar adalah dataran tinggi Plateau Ontong Java…..jauh lebih besar dari Tamu seukuran Perancis, terletak dekat khatulistiwa di Pasifik, sebelah timur Kepulauan Solomon.

    Menurut Sager nampaknya Tamu Masif sudah tidak lagi aktif.[]

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here