More

    Harison Ford Sulut Kemarahan Menteri Kehutanan Indonesia

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Horisan Ford

    Aktor AS, Harison Ford berada di Indonesia untuk membuat serial dokumenter mengenai perubahan iklim. (Credit: AFP)

    - Advertisement -

    Menteri Kehutanan Indonesia menuduh aktor Hollywood Harrison Ford menyudutkan dirinya dalam sesi wawancara kasar mengenai perubahan iklim yang membuatnya terkejut, kata seorang pejabat.

    Aktor pemeran Indiana Jones dan Star Wars ini tengah membuat film documenter  mengenai lingkungan di Indonesia, menyerang sang menteri dengan sejumlah pertanyaan  saat bertemu dengan sang menteri hari Senin kemarin, tutur penasehat Presiden Andi Arief.

    Andi Arief menuduh Ford dan krunya “menghina lembaga negara’ dan mengatakan aktor berusia 71 tahun itu bisa saja dideportasi –  meskipun Ford sendiri sudah berencana meninggalkan Indonesia pada hari Selasa.

    Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan kepada wartawan mengatakan dia dibuat marah dengan pendekatan yang dilakukan Ford selama interview di Jakarta.

    “Emosinya sangat tinggi,” k ata Menteri Hasan seperti dikutip Kantor Berita Antara.

    “Saya mengerti orang Amerika itu memang mau datang kemari hendak melihat Taman Nasional Tesso Nilo di Pulau Sumatera dan ingin perusak taman nasional itu ditangkap dihari yang sama.”

    Menteri Zulkifli Hasan menambahkan dia tidak diberi kesempatan untuk menjelaskan tantangan  dalam menangkap orang-orang yang melanggar aturan larangan perambahan hutan di Indonesia, terutama di lokasi-lokasi dimana penebangan hutan liar masih merajalela.

    “Saya hanya diberi kesempatan untuk mengatakan satu atau dua kata saja selama wawancara itu,” katanya.

    Andi Arief mengatakan Menteri Kehutanan berpikir akan ada kesempatan untuk berdiskusi sebentar sebelum wawancara dimulai.

    Tapi dalam sesi wawancara itu Menteri Hasan sangat terkejut begitu Harison Ford dan krunya datang, dan langsung merekam dan menginterviewnya..dan menyerangnya dengan sejumlah pertanyaan “.

    “Dia tidak memiliki hak khusus meskipun aktor besar,” katanya.

    “Kru Ford dan staf Indonesia yang membantunya harus dimintai keterangan untuk mengetahui apa motivasi mereka mempermalukan institusi negara.”

    “Kalau perlu, Saya akan mendeportasi dia.”

    Ford, yang mendukung sejumlah kasus lingkungan beberapa tahun terakhir, sedang melakukan perjalanan  kesejumlah kawasan di Indonesia dalam pembuatan serial terkait perubahan iklim berjudul Years of Living Dangerously yang akan disiarkan di jaringan  televisi Amerika.

    Dia juga bertemu dengan President Susilo Bambang Yudhoyono hari Selasa ini.

    Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara,  memiliki keanekaragaman hayati hutan yang tersebar di 17 ribu pulau di seluruh Indonesia. Namun kekayaan alam itu  banyak dibabat untuk kertas dan perkebunan kelapa sawit dan juga pertambangan serta pertanian.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here