More

    Mahasiswa UNY Ajarkan Menjaga Kebersihan Melalui Game Berbasis Android

    Ahmad Fauzan Sazli

    Edunvi GameYOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta punya cara berbeda untuk mengajaran pentingnya menjaga lingkungan. Mereka mengembangkan sebuah aplikasi permainan yang mengajarkan tentang kebersihan lingkungan.

    Penggagasnya adalah lima mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNY yakni, Wafda Aditia Rifai, Ranita Sari, Rofiq Tri Prasetyo, Beny Abdurahman, dan Mirza Hikmatyar. mereka  menamakan game ini dengan Edunvi.

    - Advertisement -

    Permainan Edunvi bercerita tentang seorang anak bernama Edun yang berasal dari desa pindah ke kota. Kota yang digambarkan game ini adalah daerah yang kering, kotor, dan panas. Melihat kondisi tersebut, Edun memiliki cita-cita agar kota menjadi sejuk, bersih, dan rindang.

    Berawal dari cita-cita Edun permainan dimulai. Hingga saat ini game terbagi menjadi tiga level. Tiap level terdapat materi edukasi tentang lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membedakan sampah organik dan nonorganik, membedakan golongan sampah. Setiap interaksi yang dilakukan oleh pemain akan mempengaruhi kondisi lingkungan yang ada.

    “Game ini dibuat untuk anak usia 5—12 tahun. Kami ingin mengenalkan pentingnya menjaga lingkungan dan pengaruhnya terhadap iklim kepada anak sejak dini,” kata Wafda.

    Meneurutnya, dengan disampaikan pentingnya menjaga kebersihan melalui game, materi akan mudah diterima oleh anak dan mudah ditiru”.

    Ke depan game ini akan dikembangkan level dan materinya, salah satunya adalah materi yang mengajarkan anak tentang proses daur ulang. Sementara sampai saat ini masih dalam proses penyempurnaan dan akan segera diunggah ke Google Play Store sehingga bisa digunakan oleh pengguna handphone berbasis android.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here