More

    Perahu Pencari Suaka Karam, 15 tewas

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    28 09 2013 ilustrasi pemulangan pencari suaka

    Otoritas SAR Indonesia memastikan15 pencari suaka tewas karena perahu yang  mereka tumpangi karam di  Selatan Pantai Jawa.

    - Advertisement -

    Data kepolisian setempat menyebutkan petugas SAR menemukan 15 jenazah dan 25 orang penumpang berhasil diselamatkan. Kapal tenggelam di daerah  terpencil di  sekitar daerh Cianjur Jawa Barat.

    Para pencari suaka yang selamat dibawa ke sebuah sekolah islam atau pesantren. Sementara jasad yang tewas dibawa ke puskesmas namun tidak tertampung karena terlalu kecil.

    Tragedi ini terjadi sejalan dengan menghangatnya hubungan diplomatik Indonesia – Australia yang dipicu oleh kebijakan pemerintah Koalisi memulangkan kembali perahu pencari suaka ke Indonesia.

    Sementara itu otoritas Australia berusaha memulangkan kelompok pencari suaka kedua  ke Indonesia setelah menyelamatkan mereka di laut.

    Perahu milik bea cukai Australia, ACV Triton, berusaha meminta ijin memasuki perairan Indonesia untuk menyerahkan 31 pencari suaka yang mereka selamatkan semalam.

    Jika diijinkan maka ini akan menjadi penyerahan kelompok pencari suaka ke dua sejak kemarin oleh otoritas Australia ke Indonesia.

    Kapal Triton, saat ini dilaporkan masih menunggu dan bersiaga diluar  perairan laut Timor untuk memasuki perairan Indonesia.

    Otoritas Keamanan Maritim Australia  mengatakan kepada Basarnas kalau pihaknya lebih memilih penyerahan pencari suaka itu dilakukan di laut.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here