More

    Wah, Mahasiswa UI Ubah Kulit Pisang Menjadi Plastik

    Ahmad Fauzan Sazli

    Kulit pisangJAKARTA, KabarKampus – Kulit pisang kini tak lagi terbuang percuma. Di tangan mahasiswa Universitas Indonesia (UI), kulit pisang dapat diubah menjadi plastik.

    Ide membuat plastik ari pisang ini terinspirasi dari pembuatan plastik dari singkong yang dilakukan oleh salah satu ilmuwan di Tangerang. Diketahuinya, singkong masih satu family dengan pisang. Plastik dari singkong tersebut saat ini telah dikomersialisasikan.

    - Advertisement -

    Mahasiswa tersebut adalah Muhammad Yusuf Maulana, mahasiswa Teknik Industri UI. Yusuf Dibantu tiga mahasiswa lainnya yang tergabung dalam BananaPlas Indonesia. Pada Agustus lalu berhasil unggul dalam ajang Global TiC Award pada kategori green technology. Tim BananaPlas Indonesia terdiri dari Yusuf sebagai CEO, Putri Nur Astiwi (Departemen Manajemen UI), Akhmad Irhas Robby (Departemen Kimia UI), dan Indira Anindita (Departemen Teknik Industri).

    Menurut Yusuf, produk plastik yang dihasilkan dari kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk plastik botol air mineral. Selain itu, karena bentuk akhirnya adalah gel, maka kulit pisang dapat juga dimanfaatkan menjadi styrofoam ramah lingkungan.

    Saat ini, Yusuf dan tim masih terus melakukan uji coba untuk mendapatkan formula terbaik untuk menghasilkan sebuah plastik. Adapun cara membuat plastik dari pisang dengan mengeringkan kulit pisang terlebih dahulu. Setelah kulit pisang menjadi kering dan busuk, kulit pisang kemudian dipotong-potong kecil. Potongan kecil tersebut kemudian diolah dengan sedikit campuran kimia dan didiamkan selama satu hari. Kemudian, setelah satu hari zat amilopektin dari kulit pisang akan keluar.

    Yusuf mengungkapkan, setiap kali pengolahan, akan menghasilkan lebih kurang 20 persen zat amilopektin. Yusuf dan tim terus berusaha menggodok penelitiannya hingga akhirnya dapat dibuat prototype.

    “Saat ini belum prototype, prosesnya masih panjang. Sejauh ini kami baru sampe ekstraksi,” ungkapnya.

    Perkembangan penelitian kulit pisang tersebut,  juga menghantarkan Yusuf dan tim mendapat penghargaan The Most Unique Ideas dalam ajang HSBC Young Entrepreneurship Challenge. Ajang tersebut berlangsung tahun 2012. Yusuf saat itu langsung mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan. Di tahun sebelumnya BananaPlas juga pernah terpilih menjadi Grand Finalist dalam ajang ASEANpreneurs Idea Canvas. Tim tersebut berhasil menyisihkan lebih dari 300 aplikasi dari berbagai negara di ASEAN.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here