More

    Rencana Taman Laut Antartika Ditolak Berbagai Negara

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    29 10 2013 taman laut antartika
    Pemerintah Australia mengatakan rencana pembuatan taman laut yang dilindungi di Antartika Timur tampaknya tidak akan disetujui oleh para perwakilan dari berbagai negara yang tengah bertemu di Hobart, Tasmania.

    Hal ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup Greg Hunt. Menurutnya, Australia ingin menjadikan daerah seluas 1,6 juta kilometer persegi tersebut sebagai daerah terlindungi, namun ternyata banyak negara lain yang tidak setuju.

    - Advertisement -

    Ini terlihat dari debat yang berlangsung dalam Komisi Pelestarian Sumber Daya Hidup Kelautan Antartika.

    Hunt dijadwalkan akan bertemu para delegasi di Hobart, namun ia tidak yakin bisa mengubah pendirian mereka. Menurutnya, yang lebih mungkin terjadi adalah kompromi. “Kita lihat apakah kita bisa lakukan pendekatan bertahap dan memulai sesuatu secepat mungkin,” jelasnya.

    Hunt telah merilis ketentuan-ketentuan sehubungan rencana peningkatan peran Australia di Antartika dalam rangka pelestarian benua tersebut. Rencana ini akan berfokus pada kerjasama internasional, sumber daya operasional, dan pengembangan Hobart sebagai pusat ilmu pengetahuan tentang Antartika.

    Menurut Hunt, salah satu fokus terpenting adalah menstimulasi pembangunan ekonomi di kota tersebut. “Kita akan membangun sumber daya yang sudah ada di Hobart,” jelasnya. []

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here