More

    Pengalaman Kuliah Mahasiswa Indonesia di Australia

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    12 11 2013 campus australiaAustralia menjadi salah satu tujuan bagi warga Indonesia yang hendak menimba ilmu. Tetapi, ada sejumlah tantangan yang dihadapi saat berkuliah di Australia, terutama menjelang ujian akhir semester.

    Setiap tahunnya, ada 14 hingga 17 ribu siswa-siswi asal Indonesia yang pergi ke Australia untuk belajar.

    Selain karena faktor kedekatan secara geografis, Australia juga memiliki standar pendidikan yang tinggi sehingga memberikan kesempatan lebih luas bagi siswa-siswi asal Indonesia untuk mendapat pengalaman yang lebih mendunia.

    Australia menawarkan sejumlah universitas berkelas dunia di tengah kultur yang relatif beragam, sehingga siswa-siswi asal Indonesia pun bisa dengan mudah beradaptasi. Mungkin bagi sebagian orang, berkuliah di luar negeri adalah impian, tetapi tentu ada suka dukanya saat harus hidup sendiri jauh dari keluarga di negeri orang.

    - Advertisement -

    Terutama saat menjelang ujian di akhir semester, mereka mendapat tekanan untuk bisa mendapatkan nilai yang baik, yang juga menjadi satu bentuk tanggung jawab kepada orang tuanya.

    Ayleen O’Hanlon dari ABC Internasional berbincang dengan dua mahasiswa asal Indonesia di Melbourne, Ernest  Rafael and Putri Anetta, yang bercerita soal pengalaman mereka bergulat dengan waktu untuk belajar dan disaat yang bersamaan juga harus mengurus dirinya sendiri. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here