More

    Inspiring Youth Educators Surabaya Pacu Semangat Siswa SD

    Ahmad Fauzan Sazli

    Dok. Inspiring Youth Educator
    Dok. Inspiring Youth Educator

    SURABAYA, KabarKampus – Komunitas Inspiring Youth Educators bersama Putra Putri dan Mradio mengadakan kegiatan bernama Binar Semangat di SDN Mojo III Surabaya, Jumat, (16/05/2014). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat siswa SDN Mojo III kelas 6 yang siap untuk menghadapi Ujian Sekolah Nasional pada tanggal 19 Mei 2014.

    Sejumlah kegiatan yang digelar yakni Racing Smart dan surat motivasi dari berbagai profesi seperti staff ahli DPR, anggota DPR dan profesi lain yang berasal dari Indonesia, UK, Turkey dan Belgia.

    - Advertisement -

    Untuk Racing Smart mempunyai konsep siapa yang bisa menjawab cepat dan benar dialah pemenangnya. Racing Smart terdiri dari 4 babak, yaitu Smart Answer (menjawab benar dengan multiple choice), Smart Answer (menjawab benar dengan isian singkat), Smart Team (Menjawab benar dengan berkelompok) dan Smart Strategy (Di sini terhitung point-point yang selalu naik di setiap pertanyaannya).

    Mustafa Sam, ketua panitia pelaksana Inspiring Youth Educators, menjelaskan, tujuan pengadaan Racing Smart ini adalah supaya siswa SD bisa memahami lebih dalam tentang materi yang diajarkan oleh guru-guru mulai kelas 1-6. Racing Smart dibuat kompetitif dan semenarik mungkin biar siswa terpacu untuk mengerjakan soal dengan cepat, tepat dan benar.

    “Harapannya bisa merefresh otak siswa SD sebelum Ujian Nasional dan mengerjakan soal-soal try out dengan kondisi yang berbeda yaitu di luar kelas,” kata Mustofa.

    Selain itu menurut Mustofa, kompetitifnya racing smart membuat siswa SDN Mojo III ini semakin tertantang untuk menyelesaikan soal demi soal. Dari sana mereka beranggapan bahwa ana-anak tersebut siap melaksanakan UNAS.

    Selanjutnya kegiatan yang digelar komunitas ini adalah Surat Motivasi. Kegiatan ini untuk memotivasi siswa kelas 6 tersebut dengan membubuhi motivasi dari orang-orang top Indonesia dan manca negara. Sebanyak 207 surat telah dipersiapkan untuk siswa kelas 6 SD yang berjumlah 2017 siswa.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here