More

    Mahasiswa Unpad Siap Pukau Penonton International Folklore Festival Veliko Tarnovo

    Ahmad Fauzan Sazli

    07 06 2014 Poster USACE 2014JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Padjajaran kembali unjuk gigi di pentas Internasional. Kali ini melalui Unpad Students’ Arts and Cultural Expedition (USACE), akan tampil membawakan keindahan seni dan budaya Indonesia di ajang bergengsi International Folklore Festival Veliko Tarnovo di Bulgaria pada tanggal 19-26 Juli 2014 mendatang.

    Pada festival yang  akan berlangsung selama 8 hari tersebut, sebanyak  23 mahasiswa akan menampilkan tarian tradisional Indonesia yang diiringi oleh musik dengan alat musik tradisional. Tarian tradisional ini akan tampil di panggung yang berbeda setiap harinya.

    - Advertisement -

    Dari 23 mahasiswa Unpad tersebut, sebanyak 15 mahasiswa Unpad yang akan menampilkan tujuh tarian tradisional Indonesia, yaitu Tari Nandak Ganjen (Betawi), Tari Greget Jawara (Betawi), Tari Tifa (Papua), Tari Lontar (Nusa Tenggara), Tari Mandau (Kalimantan), Tari Enggang (Kalimantan), Tari Belian (Kalimantan) dan Tari Saman (Aceh). Sementara 8 mahasiswa Unpad lainnya akan mengiringi penari dengan alat musik yang dibawa langsung dari Indonesia dan membawakan 2 lagu kontemporer.

    Selain itu, para mahasiswa juga akan mengelar acara Indonesian Day’s. Mereka akan membuka stand pameran Produk Seni dan Budaya Indonesia, Demo Masak Kuliner Indonesia beserta Promosi Permainan Tradisional Indonesia, seperti engklek, congklak, tak benteng, bekel dan main karet.

    Dalam Indonesian Day’s ini selain mengajak delegasi dari negara lain untuk mengetahui Seni dan Budaya Indonesia. Delegasi dari negara lain juga bisa ikut mencoba memasak kuliner Indonesia dan bermain langsung permainan tradisional Indonesia.

    Indonesian Day’s ini juga akan diliput oleh TV nasional Bulgaria. Kemudian setelah festival selesai setiap harinya akan ada Gathering Night yang akan diikuti oleh semua delegasi dari setiap negara undangan. Dalam Gathering ini akan ada  Cultural Exchange, akan ada satu negara yang ditunjuk setiap harinya untuk mengajari tarian tradisional negara tersebut kepada delegasi negara lain.

    International Folklore Festival Veliko Tarnovo merupakan salah satu festival terbesar di Dunia. Pada Festival ini akan dimeriahkan oleh tarian-tarian tradisional dari 80 negara Undangan, salah satunya adalah Indonesia. Dengan latihan selama 10 jam dalam seminggu dalam 3 bulan terakhir ini mahasiswa Unpad, optimis akan menampilkan yang terbaik demi nama Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here