More

    Merah Putih Berkibar di Gunung Salju Australia

    Warga Indonesia sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Foto: Ika Krismantari)
    Warga Indonesia sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Foto: Ika Krismantari)

    Sekelompok warga Indonesia di Australia memilih mengibarkan bendera merah putih di pegunungan bersalju Mt. Buller, di luar Kota Melbourne, untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air mereka, Minggu (17/8/2014).

     Acara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ini diadakan Monash Indonesian Islamic Society (MIIS), organisasi masyarakat Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Universitas Monash.

    Lebih dari 100 orang mengikuti kegiatan yang sekaligus menjadi wisata musim dingin MIIS.

    - Advertisement -

    Begitu sampai di lokasi, panitia menggelar upacara sederhana yang berlangsung sekitar 15 menit. Acara tersebut berlangsung khidmat meskipun berlangsung di tengah-tengah keramaian para turis yang berada di sekitar mereka.

    Para peserta juga menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan kemerdekaan Indonesia 69 tahun lalu.

    Ketua MIIS Edi Riyanto mengatakan ide kegiatan ini adalah sebagai ungkapan ekspresi rasa cinta yang unik kepada Indonesia.

    “Selain itu, saya berharap hubungan warga MIIS juga bisa semakin erat lewat kegiatan ini,” tambahnya.

    Peserta tampak antusias mengikuti jalannya upacara. Salah seorang di antaranya adalah mahasiswa program doktoral Novi Restuningrum.

    “Saya ikut karena ingin melihat bendera merah putih berkibar di atas salju,” ujar Novi.

    Ini bukan pertama kalinya MIIS mengadakan acara peringatan kemerdekaan RI. Tahun lalu, mereka mengadakan perayaan dan lomba 17 Agustusan di daerah Clayton di sekitar kampus Monash.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here