More

    Inilah 8 Universitas Terbaik di Australia

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Salah satu sudut Melbourne University.
    Salah satu sudut Melbourne University.

    Majalah Times Higher Education di Inggris kembali merilis peringkat universitas terbaik di dunia tahun 2014. Delapan universitas di Australia masuk dalam peringkat tersebut dan disebutkan bahwa sistem pendidikan tinggi Australia sebagai “kelas dunia”.

    Kedelapan universitas itu meliputi Melbourne University di peringkat 33 dunia. Untuk sejumlah program studinya, penerimaan mahasiswa S1 universitas ini memberlakukan syarat nilai kelulusan SMA paling tinggi di Australia.

    - Advertisement -

    Kemudian Australian National University (ANU) di peringkat 45 dunia. Universitas yang terletak di ibukota Canberra ini mengalami peningkatan peringkat dari sebelumnya di urutan 48 dunia.

    Peringkat ke-60 dunia diduduki University of Sydney, lalu disusul University of Queensland di peringkat 65. Monash University di Melbourne menduduki peringkat ke-83, sementaraUniversity of New South Wales berada di urutan ke-109 dunia.

    University of Western Australia di Perth berada pada peringkat 157, sedangkan University of Adelaide di Australia Selatan berada di urutan ke-164 dunia.

    “Data kami menunjukkan bahwa Australia bukan hanya memiliki beberapa universitas kelas dunia, tapi mereka juga memiliki sistem pendidikan kelas dunia,” demikian dijelaskan dalam laporan majalah tersebut.

    Selain ke-8 universitas tersebut, ada 12 universitas lainnya di Australia yang masuk kelompok peringkat 200 hingga 400 terbaik dunia.

    “Namun pertanyaannya, sejalan dengan akan diberlakukannya deregulasi pendidikan tinggi khususnya biaya kuliah, apakah Australia mampu mempertahankan sistem kelas dunia tersebut,” kata Majalah Times HIgher Education yang setiap tahun mengeluarkan peringkat, dan merupakan salah satu dari beberapa lembaga yang mengeluarkan peringkat universitas. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here