More

    Komunitas Vietnam di Melbourne Mulai Merayakan Rangkaian Tahun Baru Imlek

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Lili Tu

    Pertunjukkan barongsai komunitas Vietnam di Melbourne Festival Tahun Baru Imlek di Footscray.
    Pertunjukkan barongsai komunitas Vietnam di Melbourne Festival Tahun Baru Imlek di Footscray.

    Rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek telah dimulai di kawasan Footscray, yang banyak dihuni imigran asal Vietnam di Melbourne. Perayaan ini menandai hubungan yang dimiliki Australia dengan Vietnam.

    Footscray menjadi rumah bagi komunitas Vietnam terbesar di Melbourne. Tahun Baru Imlek tahun pun dirayakan ekstra, karena mengusung tema ‘East Meets West’.

    - Advertisement -

    Tahun Baru Imlek bagi warga Vietnam juga menjadi penanda masuknya musim semi. Rencana dewan lokal Maribyrnong untuk membangun sebuah tugu dengan bentuk melengkung seperti jembatan, telah disetujui.

    Tugu ini menjadi peringatan hubungan yang dimiliki Australia dengan komunitas Vietenam. Nama tugu ini adalah “SaiGon Welcome Arch”, yang akan dibangun di persimpangan jalan utama menuju Footscray (antara Jalan Leeds dan Hopkins). Pemerintah lokal sekarang sedang dalam proses untuk menunjuk siapa yang akan menjadi perancang tugu tersebut.

    Tugu berbentuk melengkung yang penuh warga seringkali menjadi ciri khas kawasan Asia di negara-negara barat. Tahun 2014 lalu, komunitas Vietnam di Melbourne juga meluncurkan sebuah tugu dengan tinggi 11,5 meter di Jalan Victoria. Tugu tersebut didirikan bersamaan dengan perayaan memasuki Tahun Kuda.

    Festival East Meets West digelar oleh Asosiasi Bisnis Asia di Footscray. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini dipenuhi dengan banyak pengunjung dari latar belakang etnis yang berbeda. Di festival ini, kita bisa menemukan banyak pilihan jajanan, selain juga penampilan tarian singa dan naga, atau dikenal di Indonesia dengan istilah barongsai. Biasanya festival ditutup dengan pertunjukkan kembang api. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here