More

    Masih Banyak Kapal Pencari Suaka Bergerak Menuju Indonesia

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    George Roberts

    Belakangan ini, lebih dari 1350 orang telah diselamatkan dan dibawa ke darat oleh nelayan Aceh. FOTO : Reuters
    Belakangan ini, lebih dari 1350 orang telah diselamatkan dan dibawa ke darat oleh nelayan Aceh. FOTO : Reuters

    Militer Indonesia memperkirakan, masih banyak pencari suaka yang tengah berlayar menuju wilayah negara ini, setelah kemunculan kapal lain yang terlihat di lepas pantai Indonesia pada hari Minggu (17/05/2015).

    Juru Bicara Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayjen Fuad Basya, mengatakan, sebuah kapal patroli Angkatan Laut melihat perahu yang datang dari arah Malaysia kemarin (17/05/2015).

    - Advertisement -

    Ia mengatakan, kapal itu lantas berbalik, yang diduga terjadi setelah mereka melihat kapal perang Indonesia.

    Indonesia, kini, mengoperasikan empat kapal patroli Angkatan Laut di wilayah itu, untuk mencegah pencari suaka dan migran memasuki teritori negara ini.

    Hal ini terjadi setelah ribuan migran dan pengungsi diselamatkan atau telah berenang ke pantai Indonesia dan pantai negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, dalam beberapa hari terakhir.

    Ketiga negara menolak untuk mengizinkan kapal yang membawa para pencari suaka untuk bersandar. Malaysia dan Indonesia-pun mengakui, keduanya telah mengusir kapal yang mendekat.

    Kelompok imigrasi internasional menduga, ribuan orang kini masih berada di antara laut Indonesia-Malaysia, tak jelas kemana tujuannya.

    Di samping adanya kebijakan ini, sekitar 1.100 orang telah mendarat di Malaysia, dan setidaknya 1.350 orang diselamatkan dan dibawa ke darat oleh nelayan dari provinsi Aceh, Indonesia.

    Perwakilan dari Thailand, Malaysia dan Indonesia bertemu di Malaysia untuk membahas masalah tersebut, pekan ini. Myanmar dilaporkan menolak untuk bergabung dalam pertemuan ini. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here