More

    UI Masuk Dalam Jajaran Top 100 Universitas Terbaik di Asia

    02 07 2013 ilustrasi kampus uiDEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik se-Asia. Penilaian ini dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2014/2015 terhadap lebih dari 800 perguruan tinggi di dunia.

    Berdasarkan pemeringkatan se-Asia tersebut UI berada pada tingkat 79. Sedangkan pada tingkat dunia UI berada pada peringkat 310.

    Sementara itu untuk pemerikataan Program Studi (Prodi), Prodi Kedokteran (Medicine) UI memperoleh predikat sebagai Prodi terbaik se-Indonesia dan pada peringkat 301 dunnia. Sedangkan untuk tingkat Fakultas, rumpun Ilmu Sosial dan Management masuk peringkat ke-200 terbaik dunia.

    - Advertisement -

    Menurut Rifelly Dewi Astuti, SE, MM, Kepala Humas dan KIP UI, pencapaian tersebut tidak hanya milik UI sendiri, tetapi juga pencapaian nasional.  Hal itu karena turut meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    “UI telah mencanangkan visi untuk menjadi universitas yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global,” kata Rivelly.

    Sehingga, katanya melalui pencapaian ini diharapkan ke depannya UI senantiasa mampu menghasilkan ilmu pengetahuan dari karya-karya risetnya yang kualitasnya memiliki daya saing dan bermanfaat di tingkat internasional.

    Adapun pemeringkatan QS World University Rankings sendiri menggunakan enam parameter dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (40%) mengukur unsur akademik secara menyeluruh ; Employer reputation (10%) mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi ; Faculty/student ratio (20%)  mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi ; Citations per faculty (20%)  mengukur penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi ; Proportion of international student (5%)  rasio mahasiswa asing di perguruan tinggi dan Proportion of international staff (5%)  rasio tenaga pendidik asing di perguruan tinggi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here