More

    Bekas Gembok Cinta di Jembatan Melbourne Akan Dijadikan Karya Seni

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Simon Leo Brown

    Pemerintah Kota Melbourne mencabt gembok cinta pada bulan Mei demi alasan keamanan. [Credit: ABC]
    Pemerintah Kota Melbourne mencabt gembok cinta pada bulan Mei demi alasan keamanan. [Credit: ABC]
    Ribuan gembok cinta yang dicabut dari jembatan Southbank di Melbourne akan berubah menjadi karya seni. Sebagian besar gembok itu akan difoto untuk katalog proyek sebelum diserahkan kepada para seniman.

    Sebanyak 20.000 gembok, yang ditempel ke jembatan oleh puluhan ribu pasangan sebagai tanda ikatan abadi mereka, telah dicabut oleh Pemerintah Kota Melbourne pada bulan Mei lalu, demi alasan keamanan.

    - Advertisement -

    Lembaga ‘Craft Victoria’ membuka kesempatan bagi para seniman dan pengrajin yang ingin membuat karya seni dari ribuan gembok tersebut.

    Direktur artistik ‘Craft Victoria’, Jane Scott, mengatakan, beberapa gembok yang dicabut dari jembatan ‘Southbank’ bentuknya “cukup indah”.

    “Orang-orang menyempatkan waktu dan perhatian untuk mengukir nama mereka di atas gembok,” ujarnya.

    Lima proposal akan dipilih, dengan karya akhir akan dimasukkan ke dalam koleksi Kota Melbourne atau dilelang untuk amal.

    Seorang seniman tambahan akan dipilih untuk membuat 100 kenang-kenangan dari gembok tersebut, untuk dijual sebagai bagian dari proyek.

    Gembok cinta mungkin dihancurkan, dilebur atau dipipihkan

    Laman proyek daur ulang gembok cinta di situs ‘Craft Victoria’ menyatakan, proposal dari seniman harus ambisius, kreatif dan menampilkan “kerajinan yang unggul”.

    Di laman itu juga disebut, gembok-gembok itu bisa saja “dihancurkan, dilebur, diukir, dipotong atau dipipihkan”.

    Jane mengatakan, gembok tersebut terbuat dari berbagai bahan. “Beberapa di antaranya terbuat dari plastik, sehingga akan menarik untuk melihat apa yang bisa dihasilkan dari mereka,” sebutnya.

    Gembok dari bahan kuningan kemungkinan akan dilebur dan digunakan kembali, tapi banyak dari gembok tersebut mengandung aluminium.

    “Rupanya jika Anda mencoba dan meleburkan bahan itu, Anda akan mendapatkan lumpur yang jahat,” sahutnya.

    Sebagian besar gembok itu akan difoto untuk katalog proyek sebelum diserahkan kepada para seniman.

    “Kami akan mendokumentasikan sebanyak mungkin gembok yang kami bisa … dan berbicara kepada beberapa orang tentang cerita apa cerita yang ada di balik gembok mereka,” utara Jane.

    Ia mengatakan, orang-orang menaruh gembok cinta di jembatan ‘Southbank’ dengan berbagai alasan dan proposal karya seni harus mencerminkan hal itu.

    “Ini bukan hanya tentang hubungan, orang-orang juga meninggalkannya di sana sebagai kenang-kenangan bagi orang terkasih yang telah meninggal,” sambungnya.

    Lembaga ‘Craft Victoria’ diharapkan mampu memenuhi keinginan publik yang menyarankan agar gembok cinta diolah menjadi patung.

    Sejumlah ide kurang romantis untuk pengolahan gembok termasuk menjual mereka sebagai besi tua, atau menyimpan mereka untuk koleksi pasangan yang bisa ditukar dengan denda sampah. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here