More

    Australia Tidak Siap Hadapi Perang Siber

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Francis Keany

    Laporan terbaru menyebutkan Australia tidak siap menghadapi serangan siber. (Credit: ABC)
    Laporan terbaru menyebutkan Australia tidak siap menghadapi serangan siber. (Credit: ABC)

    Australia tidak siap menghadapi ancaman perang siber jika dibandingkan dengan negara seperti China dan Amerika Serikat. Militer negara ini juga tidak melakukan persiapan memadai menghadapi serangan siber pada sistem persenjataan mereka.

    Demikian terungkap dalam laporan yang disampaikan pusat penelitian Australian Centre for Cyber Security (ACCS) pekan ini.

    - Advertisement -

    Laporan yang disampaikan Professor Greg Austin mengungkapkan bahwa respon Australia terhadap ancaman yang muncul dari dunia siber “sangat lamban dan terfragmentasi”.

    Disebutkan, Australia bergantung pada Amerika Serikat dalam kebutuhan pertahanannya selama 60 tahun terakhir. Namun hal ini tidak akan banyak membantu dalam perang siber. Padahal, menurut laporan ACCS, Australia sebenarnya telah bergabung dalam aliansi intelijen negara Five Eyes.

    “Ketergantungan negara dengan kekuatan menengah seperti Australia terhadap AS tidak akan banyak dampaknya dalam dunia siber,” kata Prof Austin.

    Dikatakan, berbeda dengan masa depan pertahanan laut, udara dan darat yang banyak diperdebatkan, kebutuhan keamanan siber Australia tidak banyak mendapat perhatian.

    Laporan itu menyatakan Australia bahkan tidak siap jika mengalami serangan siber untuk skala menengah saat ini.

    Dalam studi terpisah yang dilakukan ACCS disebutkan bahwa Angkatan Bersenjata Australia (ADF) perlu memastikan sistem persenjataan saat ini mampu menahan serangan siber. Laporan yang ditulis Dr Keith Joiner menyebutkan Australia ketinggalan “enam tahun” dibandingkan AS.

    “ADF buta terhadap kelemahan operasional sistem pertahanan mereka dari serangan siber,” kata Dr Joiner.

    Prof. Austin menjelaskan mungkin saja sudah terlambat bagi Australia untuk mencegah kemungkinan terjadinya serangan siber. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here