More

    Aplikasi Kuliner Kota Bandung Hantarkan Mahasiswa ITB ke California

    Tombayu Amadeo Hidayat, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih predikat Indonesia Young Scholar dari kompetisi Esri Young Scholar Award (EYSA) 2016.
    Tombayu Amadeo Hidayat, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih predikat Indonesia Young Scholar dari kompetisi Esri Young Scholar Award (EYSA) 2016.

    JAKARTA, KabarKampus – Tombayu Amadeo Hidayat, mahasiswa jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih predikat Indonesia Young Scholar dari kompetisi Esri Young Scholar Award (EYSA) 2016. Penghargaan ini, ia raih berkat passionnya pada masakan tradisional yang dituangkan dalam karya aplikasi ‘Petaboga’.

    Kemenangan ini juga membawanya menuju acara spasial terbesar di dunia, Esri User Conference (Esri UC) di San Diego, California.

    Esri Young Scholar Award adalah kompetisi perguruan tinggi tingkat Internasional yang diadakan oleh distributor Esri di seluruh dunia termasuk Esri Indonesia. Acara ini merayakan keunggulan di bidang geospasial, khususnya kreativitas penggunaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) atau teknologi smart mapping untuk memecahkan permasalahan bisnis maupun berbagai permasahan di masyarakat.

    - Advertisement -

    Aplikasi karya Tombayu yang dinamakan ‘Petaboga’ merupakan sebuah portal makanan berbasis peta yang dapat membawa pengunjung menjelajahi kuliner secara interaktif menyusuri jalan-jalan di kota Bandung. Petaboga ditetapkan sebagai pemenang yang mengalahkan banyak karya inovatif serta kreatif lainnya dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Hingga akhirnya mahasiswa ITB ini pun mendapat kesempatan untuk memamerkan karyanya di depan 16.000 profesional di bidang SIG dari 140 negara.

    “Bandung itu kota yang kaya budaya. Walaupun saya sudah tinggal di sini semenjak lahir, rasanya Bandung masih menyimpan banyak hal untuk di eksplorasi dan dicoba,” ujar Tombayu.

    Sesuai dengan semangat bertualangnya, Tombayu menciptakan Petaboga tidak hanya untuk mempromosikan kotanya, tapi juga untuk membantu orang-orang menemukan berbagai santapan lezat yang tersedia di Bandung.

    Petaboga memiliki storymap interaktif yang membantu para pengguna menemukan aneka tempat terbaik untuk mencicipi hidangan kuliner tertentu. Selain itu program ini juga menyediakan ‘peta titik makanan’ (foodpoint map) yang memetakan berbagai ulasan lokasi makanan dan restoran di Bandung.

    “Word of mouth sangat besar pengaruhnya dalam mempromosikan sebuah produk dan layanan. Dengan cara yang sama, Petaboga memanfaatkan prinsip crowdsourcing sehingga para pengunjung situs web bisa mengirim sekaligus mengakses aneka ulasan kuliner yang ingin mereka cicipi,” jelas Tombayu.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here