More

    Debat Pemilu Australia Lewat Facebook

    ABC AUSTRALIA PLUS

    Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Pemimpin Oposisi Bill Shorten akan terlibat dalam debat online pertama sehubungan dengan pemilu 2016.

    Malcolm Turnbull mengatakan debat terakhirnya dengan Bill Shorten akan dilakukan online.  ABC/AAP: Lukas Coch
    Malcolm Turnbull mengatakan debat terakhirnya dengan Bill Shorten akan dilakukan online. ABC/AAP: Lukas Coch

    PM Malcolm Turnbull mengatakan pihak pemerintah sudah mencapai kesepakatan dengan Facebook dan situs news.com.au untuk mencari cara yang lebih inovatif bagi debat terakhir antar kedua pimpinan partai utama di Australia tersebut.

    - Advertisement -

    Dia mengatakan debat tersebut akan dilangsungkan awal minggu depan. Menurut PM Turnbull debat ini akan memungkinkan jutaan warga Australia untuk berpartisipasi, mereka akan bisa memberikan kontribusi.

    “Ini akan menjangkau audiens yang lebih luas, dari format debat yang kita gunakan sebelumnya.”

    Ketika ditanya mengenai apakah dia akan menghadiri debat yang diselenggarakan Sky News, PM Turnbull memberikan jawaban berikut ini.

    “Perusahaan anda, Sky News mengumumkan bahwa mereka mengundang saya dan Bll Shorten untuk menghadiri debat di malam tertentu.” katanya.

    “Biasanya, anda akan menghubungi kami untuk mendapatkan kesepakatan. Anda memilih tidak melakukan hal tersebut, dan pada dasarnya mengeluarkan dekrit, dan kami mengatakan ‘tidak’.

    “Kami sudah menghadiri debat forum Sky sebelumnya. Kami sudah melakukan debat di Press Club.”

    “Secara tradisional, kami terlibat tiga debat menjelang pemilu, jadi mari kita bergabung dengan debat ketiga dengan cara yang lebih inovatif dimana semua warga Australia bisa berpartisipasi.”

    PM Turnbull mengatakan bentuk media lama tidak memungkinkan interaksi dan jangkauan yang serupa seperti debat online.

    Partai oposisi, Partai Buruh mengatakan setuju dengan debat online, namun juga mengatakan seharusnya PM Turnbull juga menghadiri Forum Debat Sky News di Brisbane minggu ini.

    “Saya siap berdebat dengan Turnbull kapan saja, dimana saja.” kata Pemimpin Oposisi Bill Shorten dalam sebuah pernyataan.

    “Namun bila dia tidak muncul di People’s Forum besok, berarti dia memunggungi warga di Queensland.” []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here