More

    Cara Berpetualang di Selandia Baru Menggunakan Caravan

    Stuff.co.nz – Deena Coster

    Sepasang suami istri berasal dari kota New Polymouth yang senang berpetualang membuat sebuah direktori akomodasi dalam rangka mempermudah para traveler untuk menjelajahi Selandia Baru tanpa perlu merogoh saku terlalu dalam.

    Dave Catt dan Colleen Hammonds, penggagas Okay2Stay. FOTO : http://www.stuff.co.nz
    Dave Catt dan Colleen Hammonds, penggagas Okay2Stay. FOTO : http://www.stuff.co.nz

    Mereka mengaku hal ini terinspirasi dari ide yang sama yang telah digunakan di Amerika Serikat. Waktu tahun 2012, pasangan ini menyewa caravan sebagai moda transportasi dan bergabung dengan organisasi Harvest Host. Mereka dipersilakan memarkir kendaraan semalam di taman dengan “bayaran” harus membeli hasil produk lokal dari peternakan atau perkebunan, misalnya seperti buah berry.

    - Advertisement -

    Ide itu dipraktekkan di Selandia Baru tentunya dengan modifikasi.

    Collen Hammods dan Dave Catt membuat direktori yang dinamai Okay2Stay. Keanggotaannya bersifat online dimana setiap anggota bisa memarkir caravannya secara gratis untuk semalam hanya dengan melakukan pembelian di tempat yang mereka inapi.

    Hammod berkata, dia percaya ide brilian ini memberi kesempatan kepada para petualang berjalan ke pelosok-pelosok dan sekaligus bertemu dengan orang-orang baru. Hammod percaya hal seperti ini akan sangat mudah untuk diaplikasi di Selandia Baru.

    “Ini merupakan kesempatan baik bagi para petualang, mereka mendapatkan tempat unik untuk tinggal, memperoleh kesempatan membeli produk-produk asli seperti kiwi langsung di tempatnya”

    Untuk menjadi host dari Okay2Stay tidak dikenakan biaya apa-apa dan mereka akan diuntungkan dengan pelanggan yang langsung diantarkan ke pintu depan mereka, sehingga ini akan menjadi solusi yang sama-sama menguntungkan baik bagi pejalan ataupun host.

    Hal ini memang baru saja sempat diwujudkan ketika Hammod memiliki waktu yang cukup setelah menyelesaikan pekerjaannya di Taranaki. Pertama-tama, selama sebulan Hammonds membuat daftar host yang mungkin sesuai dengan kriteria ini dan diperoleh sekitar 400 host. Selanjutnya Hammod menggunakna caravannya dan mengunjungi masing-masing host untuk berdiskusi dan memberikan gambaran lebih detil.

    Terpilihlah 125 host yang setuju untuk melakukan bisnis Okay2Stay ini.

    Sebagian dari host ini terletak di daerah-daerah terpencil dan menjual produk makanan. Termasuk di dalamnya kebun-kebun anggur, bir, petani zaitun, pembuat keju dan petani kacang. Cafe dan tempat-tempat kerajinan juga ditambahkan dalam list ini untuk memperluas tempat yang bisa dikunjungi.

    okay2staySejak situs ini diluncurkan pada January 2014 sudah ada sekitar 700 anggota yang terdaftar. Dari anggota ini sekitar 90% merupakan orang-orang yang berasal dari luar Selandia Baru.

    Anggota yang sudah terdaftar dengan biaya 45$ per tahun harus mau mematuhi kesepakatan yang telah ditentukan termasuk membuat pemesanan lebih awal. Caravan yang bisa menginap sebagai Okay2stay harus memiliki toilet dan fasilitas pencucian sendiri serta punya bak penampungan untuk air bersih dan air kotor.

    Hammonds dan Catt yang telah pensiun sekarang melakukan perjalanan secara berkala dan mengontrol bisnis mereka dari jalan. Pasangan ini juga mencoba untuk mengunjungi semua host mereka setiap tahunnya sembari terus membuka kemungkinan untuk menemukan host baru. []

    NATALIA OETAMA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here