More

    Mari Simak Topik Jokowi di KTT G20 Jerman

    Aktivis menentang pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman (07/07/2017). FOTO : REUTERS

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman menyampaikan dua topik yang berkaitan dengan persoalan dunia dan kepentingan Indonesia. Topik itu antara lain tentang (1) perdagangan global dan pertumbuhan, (2) pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, dan ketahanan energi.

    Dalam forum Leaders Retreat Sesi II yang digelar pada hari Jumat 7 Juli 2017, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia berkomitmen tinggi untuk memastikan Agenda 2030 melalui Voluntary National Review dan Paris Agreement.

    Presiden Jokowi menyatakan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, Indonesia akan menjadi bagian dari solusi dengan melakukan berbagai langkah antisipasi perubahan iklim antara lain dengan memperpanjang moratorium pembukaan lahan baru, membentuk Badan Restorasi Gambut untuk memperbaiki dua juta hektar gambut dalam lima tahun, dan memperkuat upaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

    - Advertisement -

    “Indonesia juga melakukan pengurangan sampah dengan reduce-reuse-recycle sebesar 30 persen pada tahun 2025 dan menetapkan target mengurangi sampah plastik laut (marine plastic debris) sebesar 70 persen hingga tahun 2025,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

    Topik ke-2 yakni tentang perdagangan global dan pertumbuhan, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi upaya OECD dan negara G20 dalam mengatasi Base Erosion Profit Shifting (BEPS), memfasilitasi Automatic Exchange of Information (AEoI), dan mengimplementasi Multilateral Instrument (MLI).

    “Indonesia baru menyelesaikan program tax amnesty sebagai bagian reformasi perpajakan. Dari USD366 miliar aset yang diungkap, sekitar 21 per-sen adalah aset yang disembunyikan di luar negeri,” ungkap Presiden Jokowi.

    Sementara para kepala negara bertemu, para aktivis melakukan demonstrasi menentang KTT G20. Para aktivis tidak terima dengan gagasan perdagangan global yang menyengsarakan negara berkembang. Sekira 20 ribu personil kepolisian disiagakan untuk menjaga keamanan di Hamburg. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here