More

    Aksi ‘Bye Bye Plastic Bottle’ Ala Kampus UI

    ekspresi mahasiswa UI setelah menukarkan botol plastik sekali pakai dengan tumbler.[]
    Gaya hidup praktis dan dinamis mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat masa kini, seperti pada konsumsi minuman kemasan botol plastik sekali pakai. Tetapi, banyak yang tidak sadar, konsumsi minuman kemasan botol plastik sekali pakai ini berefek pada produksi sampah plastik yang berlebihan yang tidak baik untuk lingkungan.

    Hal ini rupanya menjadi perhatian serius, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI). Dengan menggandeng Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), mereka melaksanakan kegiatan kampanye Peduli Lingkungan di lingkungan kampus. Aksi ini diberi tema “UI Peduli Hijau Bye Bye Plastic Bottle”

    Kampanye Aksi UI Peduli Hijau Bye Bye Plastic Bottle ini berfokus pada kampanye pengurangan pemakaian botol plastik sekali pakai di lingkungan kampus. Menyesuaikan dengan gaya hidup anak muda masa kini, kegiatan kampanye Aksi UI Peduli Hijau Bye Bye Plastic Bottle ini dilakukan dalam dua bentuk, yaitu kampanye digital dan kampanye fisik.

    - Advertisement -

    Rossa Turpuk Gabe, dari Dept. Arsitektur FTUI menjelaskan, kampanye ini telah dilakukan sejak bulan Mei 2017 yang lalu hingga sekarang. Mereka menilai aksi ini perlu dilakukan di kampus, karena kampus sebagai wadah proses pembelajaran bagi mahasiswa.

    “Dari kehidupan kampus, mahasiswa mempelajari dan menemukan banyak hal yang dapat dibawa kembali ke masyarakat dimana mereka tinggal,” kata Rossa.

    Selain itu menurutnya, mahasiswa yang sebagian besar adalah anak muda, dengan gaya hidupnya, mampu menggerakan pasar gaya hidup dengan sangat hebat. Oleh karena itu, kegiatan kampanye ini menyasar mahasiswa sebagai agen perubahan di lingkungan kampus pada khususnya, dan lingkungan masayarakat luas pada umumnya.

    Dalam kampanye digital, kata Rossa, mereka memanfaatkan jejaring sosial digital untuk menyebarkan infografis dan poster-poster menarik mengenai bahaya sampah botol sekali pakai dan manfaat menggunakan tumblr. Sementara kampanye fisik juga tidak kalah beragam.

    Mereka menggandeng BEM FT UI untuk mengajak segenap civitas akademika di lingkungan FT UI untuk turut serta dalam kegiatan penukaran botol plastik sekali pakai dengan tumblr, games interaktif kesadaran lingkungan, dan workshop pemanfaatan ulang sampah botol plastik sekali pakai.

    “Melalui kegiatan kampanye fisik ini, kegiatan kampanye Aksi UI Peduli Hijau Bye Bye Plastic Bottle berhasil mengumpulkan 2000 botol plastik sekali pakai yang ditukarkan dengan 200 tumblr dan menyumbangkan dispenser air mineral untuk dimanfaatkan di lingkungan kampus,” tambahnya.

    Kegiatan kampanye Aksi UI Peduli Hijau Bye Bye Plastic Bottle merupakan langkah awal untuk menggalakan gaya hidup peduli lingkungan oleh civitas akademika di lingkungan kampus. Kampanye yang sesungguhnya adalah dengan aksi nyata memelihara lingkungan yang terus dipupuk untuk lingkungan yang lebih baik.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here